Senin, 03 Sep 2018 14:08 WIB

Aplikasi Edit Foto Jadul Ini Bawa Kenangan Era 90-an

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Foto: Screenshot Instagram Foto: Screenshot Instagram
Jakarta - Pengguna smartphone biasanya rela mengedit foto demi hasil yang cantik. Dan di antara banyaknya aplikasi untuk edit foto, yang satu ini patut dicoba bagi kalian yang suka foto nuansa jadul.

Huji Cam, demikian nama aplikasi tersebut, bisa membuat hasil editan foto terlihat seperti bernuansa tahun 90-an dan berasal dari kamera analog.

Hasil editan dari Huji Cam sering dijumpai pengguna Instagram dengan ciri khas penanda tanggal di pojok kanan bawah foto.



Selain itu, foto akan terlihat memiliki efek grain dan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan hasil foto kamera biasa, serta memiliki efek cahaya neon seperti foto analog terbakar.

Nostalgia 90-an dengan Aplikasi Foto Jadul Huji CamFoto: Screenshot Instagram


Huji Cam mulai popular di kalangan Instagram sejak beberapa pengguna terkenal Instagram mulai memposting foto hasil editannya.

Gigi Hadid, Selena Gomez, hingga grup K-pop terkenal BlackPink adalah nama-nama yang mencicipi aplikasi ini. Huji Cam tercatat telah di-download lebih dari 20.000 kali oleh pengguna dari seluruh dunia.

Nostalgia 90-an dengan Aplikasi Foto Jadul Huji CamFoto: Screenshot Instagram


Selain hasilnya yang menyerupai hasil dari kamera analog, Huji Cam juga mempunyai tampilan seperti layaknya disposable camera yang mengharuskan penggunanya menggunakan kamera analog pada umumnya, yaitu melalui view finder.



Pengalaman menggunakan kamera analog juga dihadirkan Huji Cam dengan menampilkan hasilnya setelah proses 'pencucian' gambar negatif yang memakan waktu sekitar tiga detik. Setelah itu, baru kemudian foto akan muncul.

Nostalgia 90-an dengan Aplikasi Foto Jadul Huji CamFoto: Screenshot Instagram


Aplikasi Huji Cam bisa di-download gratis untuk smartphone berbasis iOS maupun Android. Memang untuk download-nya gratis, tapi ada pula pilihan berbayar jika ingin menggunakan lebih banyak fitur.

(rns/rou)