Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB

Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET - Irna Prihandini Foto: detikINET - Irna Prihandini
Jakarta - Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.

Mode rahasia tersebut baru-baru ini ditambahkan ke dalam aplikasi yang bertujuan untuk melindungi informasi rahasia milik penggunanya agar tak bisa diakses oleh orang yang tidak berhak, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (20/8/2018).



Salah satu kegunaan mode rahasia ini adalah pengguna bisa memasang waktu kedaluwarsa pada email yang mereka kirim. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus akses terhadap email tersebut kapan pun mereka mau.

Ada juga opsi untuk membatasi fungsi gmail pada email yang dikirim, contohnya seperti email yang dikirim tersebut tak akan bisa di-foward, copy, print atau pun di-download. Pengirim email juga bisa menetapkan passcode tertentu untuk membuka email tersebut, yang akan dikirimkan lewat SMS atau pun email.



Meski begitu bukan berarti email yang dikirim itu akan benar-benar aman. Semisal komputer si penerima ternyata menyimpan malware, maka malware itu akan tetap bisa meng-copy ataupun mengunduh email berikut attachment-nya.

Untuk menggunakan mode rahasia di Gmail, pengguna cukup membuka aplikasi Gmail, lalu Compose, dan menyalakan tombol confidential mode yang ada pada bagian kanan bawah. (asj/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed