BERITA TERBARU
Rabu, 08 Agu 2018 20:13 WIB

Fitur Batasan Pesan Terusan WhatsApp Dirilis

Josina - detikInet
WhatsApp. (Foto: Carl Court/Getty Images) WhatsApp. (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta -
Setelah melakukan pengujian bulan lalu, WhatsApp mulai mengirimkan fitur pembatasan jumlah pesan terusan (forwarded) ke pengguna. Hadirnya fitur ini untuk makin mengurangi penyebaran hoax yang berseliweran di layanan pesan tersebut.
Pengguna iPhone di India menjadi yang pertama mencicipi fitur tersebut lewat pembaruan WhatsApp versi 2.18.81. Hal ini cukup beralasan karena Negeri Gangga itu menjadi negara paling banyak meneruskan pesan, foto dan video dibandingkan lainnya. Ditambah lagi banyaknya korban tewas akibat berita hoax dan provokatif yang dikirim secara berantai.


WhatsApp ForwardedWhatsApp Forwarded. (Foto: Beebom)
Seperti lampiran gambar yang dilansir detikINET dari Beebom, Rabu (8/8/2018) pada gambar tersebut menjelaskan apabila pengguna mengirim pesan terusan lebih dari lima kontak maka WhatsApp akan memberikan pop-up peringan untuk bahwa kontak yang dikirim sudah mencapai batas maksimal.
Untuk negara selain India, WhatsApp akan membatasi pesan terusan hingga 20 kontak. Sebelum fitur ini dirilis, WhatsApp bisa melakukan penerusan pesan hingga ratusan daftar kontak.

Sebelumnya diberitakan WhatsApp enghadirkan fitur 'label' untuk pesan yang telah diteruskan oleh pengguna lain. Kehadiran fitur label tersebut langsung diumumkan oleh WhatsApp melalui blog resminya.

"Fitur ini akan membantu membuat obrolan satu lawan satu dan grup lebih mudah diikuti. Ini juga membantu Anda menentukan apakah teman atau kerabat Anda menulis pesan yang mereka kirim atau berasal dari orang lain," tulis WhatsApp.

Penandaan label ini berlaku untuk semua pesan baik dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio. Tanda tersebut akan muncul dengan tulisan forwarded di bagian atas pesan tersebut.
(jsn/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.