Minggu, 15 Jul 2018 13:59 WIB

Kemenag Perbarui Aplikasi Haji, Apa Fitur Barunya?

Fajar Pratama - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Kementerian Agama baru saja memperbarui aplikasi Haji. Sejumlah fitur baru pun dihadirkan di dalamnya, apa saja?

"Alhamdulillah saat ini aplikasi Haji Pintar 2018 sudah bisa diunduh," ujar Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, di Jakarta, Minggu (15/07).



Menurut Sri Ilham, aplikasi ini menggunakan ikon gambar Kabah dengan tulisan "HAJI PINTAR". Sejumlah layanan tersaji dalam aplikasi ini, antara lain: informasi seputar akomodasi, transportasi, dan konsumsi yang akan diterima jemaah selama di Saudi.

"Dengan memasukan nomor kloter, misal JKG 01 untuk jemaah kloter satu embarkasi Jakarta-Pondok Gede, maka jemaah sudah bisa mengetahui di mana hotel mereka saat di Madinah dan Makkah," ujar Sri Ilham.

Kemenag Perbarui Aplikasi Haji, Apa Fitur Barunya?Foto: detikINET

Selain itu, ada juga info jadwal penerbangan, cuaca di Arab Saudi, Hajipedia (istilah seputar haji dan umrah), serta sejumlah video tutorial penggunaan sarana prasarana yang akan diterima jemaah selama di Tanah Suci.

"Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengaduan bagi jemaah yang berangkat tahun ini. Jemaah haji dapat menyampaikan persoalan yang didapati selama menjalankan ibadah haji dengan akses login menggunakan nomor paspornya," jelas Sri Ilham.

Kemenag Perbarui Aplikasi Haji, Apa Fitur Barunya?Foto: detikINET


Sri Ilham berharap, layanan ini dapat memberikan kemudahan kepada jemaah dalam mengakses beragam informasi seputar ibadah haji tahun 2018.

"Bagi calon jemaah haji yang belum berangkat tersedia juga layanan perkiraan atau estimasi keberangkatan. Calon jemaah haji bisa mengecek perkiraan tahun keberangkatan mereka dengan memasukan nomor porsi pendaftaran," tutupnya.

Aplikasi Haji Pintar 2018 dapat diunduh gratis di Google Play Store. Sayangnya aplikasi ini belum tersedia untuk platform iOS.


(fjp/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed