Kamis, 28 Jun 2018 12:18 WIB

Instagram Versi Lite Siap Diluncurkan, Seperti Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Aplikasi Instagram. Foto: unsplash Aplikasi Instagram. Foto: unsplash
Jakarta - Instagram tampaknya mengerti bahwa pertumbuhan penggunanya akan berfokus di negara berkembang. Untuk itu, Instagram diam-diam meluncurkan aplikasi Instagram Lite untuk Android yang mengincar pengguna di pasar negara berkembang.

Aplikasi mini ini hanya berukuran 573 kilobytes, atau sekitar 1/55 dari ukuran Instagram reguler. Fitur yang tersedia juga sama seperti memberikan filter dan mengupload foto ke feed atau Stories, menonton Stories, dan menjelajahi tab Explore.

Tapi, versi Lite ini masih belum memiliki fitur upload video dan mengirimkan pesan langsung (DM) ke teman.

Ketika diminta konfirmasi oleh TechCrunch, Instagram memastikan bahwa mereka sedang menguji Lite di Meksiko pada minggu ini. Tetapi Instagram tidak mengatakan apakah versi ini akan memiliki iklan atau tidak.


Saksikan juga video 'Cihuy! Instagram Hadirkan IGTV untuk Video Durasi Panjang':

[Gambas:Video 20detik]


"Kami sedang menguji versi baru Instagram for Android yang menggunakan lebih sedikit tempat di perangkat anda, menggunakan lebih sedikit data, dan dapat dimulai lebih cepat," kata Instagram dalam keterangan resminya, dikutip detikINET dari TechCrunch, Kamis (28/6/2018).

Adanya versi Lite ini akan mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh pengguna internet mobile di negara berkembang yang sering menggunakan perangkat yang sudah lawas degan kapasitas penyimpanan kecil, koneksi internet yang lambat, atau tidak mampu untuk membeli paket internet yang besar.

Dengan adanya versi Lite ini, pengguna tidak perlu untuk menghapus data atau aplikasi lain di smartphonenya untuk mengunduh Instagram.


Pesaing utama Instagram, Snapchat justru mengabaikan pasar internasional dan fokus menumbuhkan pengguna di Amerika Serikat. Hal ini membuat pasar besar dan berkembang seperti Brasil dan India terbuka untuk didominasi oleh Instagram.

Tren aplikasi mobile merilis versi Lite sedang meningkat belakangan ini. Facebook meluncurkan Facebook Lite pada tahun 2015 dan versi tersebut memiliki 200 juta pengguna pada thaun 2017. Uber juga baru saja meluncurkan versi Lite aplikasinya di India pada awal bulan ini.
Instagram Versi Lite Siap Diluncurkan, Seperti Apa?
(jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed