Kamis, 21 Jun 2018 21:31 WIB

Menjajal IGTV, Stasiun Televisi ala Instagram

indissa salsabila - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Instagram baru saja merilis fitur yang menjadikan para penggunanya dapat menonton video berdurasi lebih lama. Tidak seperti Stories yang hanya dapat mengunggah video dengan durasi 15 detik, melalui kanal IGTV pengguna dapat mengunggah video dengan durasi lebih lama yakni hingga 1 jam.

instagram IGTVinstagram IGTV. (Foto: Screenshot)

Pengguna Instagram akan langsung disuguhi video yang dimainkan secara langsung pada saat membuka fitur layanan IGTV, yaitu saat memencet tombol pada kanan atas pada beranda.

Hal ini seperti program TV yang mana pada saat TV dinyalakan, gambar langsung muncul dan berjalan tanpa harus menekan tombol mainkan terlebih dahulu. Pengguna juga dapat memilih kanal atau saluran mana yang ingin mereka tonton.

Di IGTV, siapapun yang menjadi pengguna Instagram dapat membuat kanal IGTV. Hanya dengan menekan tombol bundar yang menyerupai ikon pengaturan yang ada pada sebelah kanan kolom pencarian, maka para pengguna dapat dengan mudah menciptakan kanal IGTV.

Dikutip detikINET dari Gizmodo Kamis, (21/6/2018), Instagram mengatakan bahwa dalam fitur IGTV pengguna dapat menemukan beberapa layanan seperti 'Untuk anda,' 'Mengikuti', 'Populer dan 'Lanjutkan Menonton'.

Pada bagian 'Mengikuti', pengguna akan secara otomatis mengikuti akun pengguna instagram lainnya yang telah diikuti sebelumnya dalam akun Instagram.

Bagian 'Populer' merupakan kumpulan video yang terkenal pada saat ini di IGTV. Video yang belum ditonton sampai habis dapat kembali ditonton dengan cara menekan bagian 'Lanjutkan Menonton' yang ada pada fitur IGTV.

Ketika dicoba oleh detikINET, video yang diunggah oleh pencipta kanal haruslah dalam posisi vertikal. Tidak seperti layaknya Instastory yang dapat mengunggah video dalam bentuk vertikal atapun horizontal. Hal ini menyebabkan video yang diunggah dalam bentuk horizontal secara otomatis akan terpotong sesuai dengan format IGTV yakni, vertikal.

Instagram igtvInstagram IGTV Foto: Screenshot

Selain itu, pencipta video IGTV juga hanya dapat mengunggah video dari galeri penyimpanan. IGTV tidak menyajikan layanan rekam video seperti yang ada pada fitur Instastory. Pengguna IGTV juga dapat memberikan komentar, like, dan membagikan video IGTV suatu kanal kepada pengguna Instagram lainnya.

Pencipta kanal yang mengunggah videonya di IGTV akan mendapatkan notifikasi jika videonya disukai ataupun dikomen oleh pengguna Instagram lainnnya. Tidak hanya itu, pencipta kanal juga dapat melihat retensi pemirsa dengan menekan tombol Insight.

Instagram - IGTVInstagram - IGTV. (Foto: Screenshot)

Pada bagian Insight, pencipta kanal akan mengetahui berapa orang yang telah melihat video yang mereka unggah dengan frekuensi orang yang menonton video setidaknya 3 detik, berapa jumlah komentar dan pengguna yang menyukai video tersebut.

Pada retensi pemirsa, pencipta kanal dapat mengetahui persentase video yang ditonton. Persentase ini dihitung dari video yang ditonton dalam rata-rata dari semua pemutaran.

Untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para penggunanya, Instagram pun meciptakan aplikasi khusus IGTV. Dengan begitu, para pengguna dapat menonton video dengan lebih leluasa untuk menjelajah video yang terdapat pada IGTV. (jsn/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed