Jumat, 18 Mei 2018 04:44 WIB

Aplikasi Ini Temani Ibadah Bulan Puasa

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Ramadan Legacy Foto: Ramadan Legacy
Jakarta - Mencari aplikasi yang dapat memaksimalkan ibadah di bulan puasa? Aplikasi Ramadhan Legacy bisa menjadi pilihan yang dapat digunakan.

Aplikasi ini dibuat oleh developer bernama sama, Ramadan Legacy dan diperkenalkan pertama kali dalam ajang World Islamic Economic Forum di Kuala Lumpur dan Silicon Valley App Festival pada 2015 silam.

Tiga tahun berselang, aplikasi ini mengalami banyak pemolesan. Dalam catatan dari pengembang, Ramadan Legacy mengalami perombakan tampilan. Tak hanya itu, fitur-fiturnya pun banyak ditambah guna memberikan pengalaman interaktif dan informatif bagi penggunanya.

Saat detikINET menjajalnya, aplikasi Ramadan Legacy cukup menarik. Tampilannya bersih dan simpel, alhasil enak dilihat serta nyaman digunakan.

Aplikasi Ini Bantu Memaksimalkan Ibadah di Bulan PuasaFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
Halaman utama ada Planner. Di sini kita diminta untuk mencentang kegiatan apa saja yang telah dilakukan tiap harinya sepanjang bulan Ramadan, mulai puasa, salat lima waktu, tarawih hingga membaca Al-Quran. Ada pula Knowledge Card yang menampilkan hadist dan Daily Deeds yang menganjurkan melakukan perbuatan baik.

Di samping Planner, ada Donations. Ada sejumlah pilihan yang diberikan, yakni Fidyah, Kaffarah, Sadaqah dan Zakat. Pengumpulan donasi dilakukan Ramadan legacy lewat situs Lauchgood.com dan Sharethemeal.org.

Aplikasi Ini Bantu Memaksimalkan Ibadah di Bulan PuasaFoto: Adi Fida Rahman/detikINET


Di menu bagian tengah ada Reflection. Di sini kita bisa melihat postingan dari pengguna. Kita bisa memilih untuk melihat dari seluruh dunia atau khusus Indonesia.

Dua menu berikutnya ada My Legacy dan Prayers. My Legacy menampilkan semua catatan kegiatan di bagian Planner. Sementara Prayer ada pilihan melihat jadwal sholat dan arah kiblat.

Aplikasi Ini Bantu Memaksimalkan Ibadah di Bulan PuasaFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Aplikasi Ramadan Legacy juga menampilkan konten-konten menarik dan berguna sepanjang bulan puasa. Kita cukup menekan menu di pojok kiri atas, lalu akan muncul menu dan pilih Content Stream. Di Content Stream sendiri ada pilihan informasi seputar ibadah puasa, doa, panduan Al Quran, nutrisi dan menjaga kebugaran.

Lengkap ya. Jika tertarik menggunakan Ramadan Legacy untuk memantau ibadah selama bulan puasa ini, kalian bisa mengunduhnya di App Store dan Play Store.

[Gambas:Video 20detik]

(afr/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed