BERITA TERBARU
Sabtu, 12 Mei 2018 09:43 WIB

Ini Penyebab Pesan WhatsApp yang Bikin Ponsel Hang

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images/ Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta - Sejumlah pengguna WhatsApp melaporkan ponselnya menjadi hang lantaran menekan sebuah pesan yang diterimanya. Sempat dikira malware, rupanya ini penyebab masalah tersebut terjadi!

Dihubungi detikINET, pakar peneliti keamanan internet dari Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan masalah pesan yang bikin ponsel hang tidak hanya terjadi di WhatsApp. Kejadian serupa bisa terjadi di Skype, Telegram dan Facebook Messenger bilamana pesan yang sama ditekan.

Alfons tegaskan biang kerok masalah tersebut bukanlah malware. Di dalam pesan tersebut terdapat kode ASCII dalam jumlah masif.

ASCII adalah singkatan dari American Standard Code for Information Interchange). Merupakan kumpulan kode-kode yang dipergunakan untuk mempermudah interaksi antara pengguna dan komputer.

WhatsApp rupanya tidak didesain untuk menampilkan kode ASCII yang mempunyai lebar karakter 0 (nol). Jadi walaupun ada ratusan ribu karakter tidak terlihat sama sekali.

"Dalam WhatsApp itu isinya ada 23.643 karakter ASCII," ungkap Alfons.

Ini Penyebab Pesan WhatsApp yang Bikin Ponsel HangFoto: Istimewa

Ini Penyebab Pesan WhatsApp yang Bikin Ponsel HangTampilan pesan asli. Foto: Alfons Tanujaya


Jadi setiap kali kita menekan pesan itu, WhatsApp memproses dan berusaha menampilkan semua karakter ASCII tersebut. Lantaran jumlahnya sangat banyak, resource ponsel jadi terkuras. Akibatnya pengguna merasa ponselnya lambat, seperti tidak merespon atau hang.

Kalau spek ponsel tinggi, proses tersebut hanya terjadi beberapa detik saja. Lain cerita jika ponsel yang digunakan punya spesifikasi seadanya.

Nah bila pengguna sudah terlanjur menekan pesan berisi ASCII, lantas apa yang harus dilakukan?

"Diamkan saja. Nanti kalau semua kode ASCII sudah diproses akan balik normal lagi," jawab Alfons.





"Inikah alasan pendiri WhatsApp Hengkang"? Saksikan videonya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed