Kominfo Blokir 7 Situs dan 5 Grup Medsos Jual Beli Organ Tubuh

Kominfo Blokir 7 Situs dan 5 Grup Medsos Jual Beli Organ Tubuh

ADVERTISEMENT

Kominfo Blokir 7 Situs dan 5 Grup Medsos Jual Beli Organ Tubuh

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 14 Jan 2023 07:29 WIB
Ilustrasi perdagangan organ tubuh manusia.
Kominfo Blokir 7 Situs dan 5 Grup Medsos Jual Beli Organ Tubuh. Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku telah memblokir 7 situs dan 5 grup media sosial (medsos) jual beli organ tubuh manusia sejak Kamis (12/1/2022).

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan mengatakan pemblokiran tersebut dilakukan sesuai permintaan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Negara RI (Polri).

"Kami sudah menerima surat dari Bareskrim Polri kemarin dan hari ini (Jumat). Isinya meminta Kemenkominfo untuk melakukan pemutusan akses atas tujuh situs yang memuat konten manipulasi data tersebut,"ungkap Semuel dalam keterangan resmi yang diterima detikINET.

Lanjut diungkapnya, Tim AIS Kominfo sebelumnya telah melakukan pemantauan terhadap beberapa situs dan akun media sosial yang diduga memuat konten jual beli organ tubuh.

"Kami melakukan pencarian situs jual beli organ tubuh manusia seperti yang disampaikan penyidik Kepolisian yang tengah menangani kasus di Makassar dengan laporan adanya situs jual beli organ tubuh lewat Yandex," ujar pria yang kerap disapa Semmy ini.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. PangerapanDirektur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan Foto: dok Kominfo

Selain menemukan situs, Tim AIS Kementerian Kominfo juga menemukan 5 grup media sosial Facebook dengan konten serupa. Adapun, hasil temuan itu kemudian disampaikan ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk mengonfirmasi pelanggaran yang terjadi.

"Semua datanya kami kirimkan untuk memastikan situs tersebut benar-benar melanggar hukum. Lalu Bareskrim Polri mengirim surat untuk memutus akses 3 situs pada hari Kamis dan hari ini (Jumat) ada 4 situs," terang Semmy.

Selanjutnya Situs Jual Beli Organ dari Luar Negeri



Simak Video "Kominfo Blokir Situs dan Grup Medsos Jual Beli Organ di Internet"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT