TV Analog Beralih ke TV Digital, Ini Daftar Wilayah ASO Tahap 2 di 25 Agustus 2022

ADVERTISEMENT

TV Analog Beralih ke TV Digital, Ini Daftar Wilayah ASO Tahap 2 di 25 Agustus 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 19 Agu 2022 13:45 WIB
Aplikasi siaran TV digital besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengecek lokasi ketersediaan sinyal siaran TV digital di lokasi sekitar.
Siaran TV Analog Dialihkan ke TV Digital, Ini Daftar Wilayah ASO Tahap 2 Pada 25 Agustus 2022. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Dalam hitungan beberapa hari ke depan, suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) Tahap 2 akan berlaku pada 25 Agustus 2022. Cek kembali daftar wilayah yang terdampak, bisa saja itu ada di lokasi kalian.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa proses migrasi TV analog ke digital tetap sesuai jadwal, meski ada putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan Pasal 81 ayat (1) PP No. 46 Tahun 2021 tentang Postelsiar. Maka itu artinya, masyarakat kembali siap-siap untuk pindah ke siaran TV digital.

Sebelumnya, penghentian siaran analog atau ASO Tahap 1 sudah dilakukan pada 30 April 2022 yang mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten. Meskipun dalam implementasinya, peralihan ke siaran TV digital tersebut baru dilakukan empat wilayah siaran di delapan kabupaten/kota.

Kemudian ASO Tahap 2 yang diterapkan paling lambat 25 Agustus 2022 menyasar kota-kota besar di Indonesia, termasuk wilayah Jabodetabek. Pada tahapan ini sebanyak 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota siaran TV analognya akan dialihkan ke TV digital.

Lalu, ASO Tahap 3 diterapkan pada 2 November 2022 atau merupakan tahap akhir dari seluruh migrasi penyiaran Indonesia itu mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Untuk masyarakat yang masih memiliki TV analog, perangkat televisi tersebut masih bisa dimanfaatkan. Caranya dibantu dengan alat bantuan bernama Set Top Box (STB) untuk mendapatkan siaran TV digital yang harganya sekitar Rp 150 ribu - Rp 300 ribuan.

Apabila Anda termasuk kelompok keluarga miskin ekstrem yang tercantum pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, maka penyelenggara multipleksing (mux) yang dibantu Kominfo akan memberikan bantuan set top box gratis TV digital.

Penerapan peralihan dari siaran TV analog ke siaran TV digital ini berdasarkan sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Adapun, proses penghentian siaran TV analog ini dilakukan dalam tiga tahap merujuk pada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Halaman berikutnya daftar wilayah ASO Tahap 2 Pada 25 Agustus 2022

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT