Steam Diblokir Kominfo, Developer Game Lokal Ketar-ketir

ADVERTISEMENT

Steam Diblokir Kominfo, Developer Game Lokal Ketar-ketir

Tim - detikInet
Sabtu, 30 Jul 2022 17:39 WIB
Diskon Game Steam
Steam Diblokir Kominfo, Developer Gane dan Streamer Menjerit. Foto: Screenshot Steam
Jakarta -

Steam adalah salah satu platform game populer yang turut diblokir oleh Kominfo karena belum mendaftar aturan PSE. Diblokirnya Steam membuat beberapa pihak menjerit, selain gamer juga developer dan streamer.

Di linimasa, lalu lalang protes mengenai diblokirnya Steam. "Blokir ga jelas malah yg diblokir situs2 yg dimana hajat hidup org banyak ada disitu. Udah brp juta orang dirugiin yg pendapatannya dr paypal atau para developer game di steam," tulis seorang netizen di Twitter.

"Gimana mau mendukung developer lokal kalau platform pemasaran gamenya aja diblokir? Steam sudah baik baik biar game buatan developer lokal bisa dipasarkan agar dilihat di seluruh dunia sekarang kalau sudah diblokir mau gimana?" sebut yang lain.

"Kalau steam, epic games, paypal diblokir lantas bagaimana nasib orang-orang yang bekerja dan mendapatkan uang dari ketiganya. Banyak developer game Indonesia yang menjual gamenya di steam, itu sama saja menghancurkan developer game Indonesia," demikian pendapat yang lain.

"Banyak content creator atau live streamer yg bakal terdampak gara-gara Steam, Origin, Epic diblokir padahal mereka cari uang dari situ." sebut komentar selanjutnya, juga dari Twitter.

"Salah satunya masku yang sekarang kesulitan. Game developer indie, game engine unreal nggone epic, pemasaran lewat epic lan steam, duit hasilnya lewat paypal, diblokir kabeh semua sama kominfo," begitu sebut seorang pengguna Twitter.

"Gua sebagai streamer di Twitch jadi merasa dirugikan banget dengan Steam, Epic, Paypal, dll diblokir sama @kemkominfo. Kalau emang mau blokir kasih solusi dong pak, jgn main blokir aja. Dikira orang nyari duit gampang?"

Melalui Steam, memang developer dari banyak negara termasuk Indonesia bisa memajang dan menjual game buatannya. Demikian pula ada streamer yang memainkan game di sana serta mendapatkan nafkah.

Seperti diberitakan, ada delapan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang resmi diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Terhitung hari ini, Sabtu (30/7/2022) Steam, Yahoo, Dota, hingga Epic Games tidak bisa diakses masyarakat. Ya, sebagian besar adalah layanan game.

"Iya (Steam termasuk yang sudah diblokir-red). Ada delapan PSE," ujar Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat dihubungi detikINET.



Simak Video "Kominfo Dibully Netizen Gegara Blokir Steam, Begini Reaksi Dirjen Aptika"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT