Bingung Mau Beralih dari TV Analog? Bisa Tanya Pakai WhatsApp TV Digital

Bingung Mau Beralih dari TV Analog? Bisa Tanya Pakai WhatsApp TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 09:48 WIB
Seiring dengan sedang dilakukannya penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital alias Analog Switch Off (ASO), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan nomor WhatsApp untuk mempermudah masyarakat migrasi TV analog ke digital.
Bingung Mau Beralih dari TV Analog? Bisa Tanya Pakai WhatsApp TV Digital. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Seiring sedang dilakukannya penghentian siaran TV analog ke siaran TV digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan nomor WhatsApp TV digital. Catat ya nomornya.

Nomor WhatsApp yang berupa chatbot ini sudah tersedia sejak implementasi Analog Switch Off (ASO) pada 30 April lalu, yang artinya saat ini sudah bisa memberikan pelayanan yang ingin diketahui masyarakat seputar suntik mati TV analog.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengatakan, layanan chatbot itu merupakan salah satu inovasi untuk menyosialisasikan program ASO yang selambat-lambatnya dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022.

"Bagi masyarakat yang ingin mengakses chatbot Whatsapp Migrasi Siaran Digital bisa melalui nomor WhatsApp 08118202208," ujarnya.

Disampaikan Gery, saat mengakses chatbot, pengguna akan menemukan delapan menu utama yang bisa dipilih, yaitu: informasi umum tentang ASO, jadwal tahapan ASO, wilayah terdampak ASO di masing-masing tahap, dan informasi tentang bantuan set top box (STB) dan STB bersertifikasi.

"Ada informasi juga tentang cara beralih ke siaran digital, informasi umum tentang multipleksing, mengunduh aplikasi sinyalTVdigital, dan informasi tentang kecanggihan siaran digital," jelasnya.

Ia juga menambahkan, selain melalui nomor WhatsApp TV digital, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi kanal-kanal resmi dari Siaran Digital Indonesia, seperti situs, Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan Youtube.

"Kami berharap, kehadiran layanan chatbot ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mencari informasi seputar ASO dan mengimbau agar segera beralih ke siaran digital tanpa harus menunggu siaran analog di wilayahnya dimatikan," ungkapnya.

Cara Pakai Chatbot WhatsApp Migrasi Siaran Digital

  1. Masukkan nomor WhatsApp Migrasi Siaran Digital ini 08118202208 ke daftar kontak di ponsel kalian.
  2. Bukan aplikasi WhatsApp.
  3. Kemudian detikers chat yang isinya "Menu" terlebih dahulu yang nantinya akan dibalas dengan pilihan informasi yang ingin ditanyakan, seperti jadwal ASO, cek sinyal TV digital, maupun bantuan set top box gratis TV digital.

Proses penghentian siaran TV analog ini dilakukan dalam tiga tahap. ASO Tahap 1 pada 30 April di 56 wilayah siaran mencakup 166 kabupaten/kota, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 mencakup 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan ASO Tahap 3 pada 2 November mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Implementasi penghentian TV analog dan beralih ke TV digital ini berdasarkan sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)