Starlink Punya Elon Musk Resmi Beroperasi di Indonesia

Starlink Punya Elon Musk Resmi Beroperasi di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 10 Jun 2022 14:59 WIB
Roket Falcon 9 SpaceX membawa satelit internet Starlink
Sah! Layanan Internet Satellite Starlink Beroperasi di Wilayah Indonesia. Foto: Space.com
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan restu kepada Starlink milik Elon Musk untuk beroperasi di Indonesia. Telkomsat, anak perusahaan Telkom, membeli kapasitas satelitnya untuk melayani pelanggan korporat.

Kepastian itu diketahui dari pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate kepada detikINET, Jumat (10/6/2022).

Disampaikan Menkominfo, layanan Starlink itu tidak untuk pelanggan retail, melainkan khusus bagi jaringan tetap tertutup.

"Kominfo memberikan Hak Labuh Satelit Khusus Non Geostationer kepada PT Telkom Satelit Indonesia sebagai pengguna korporat backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tetap tertutup satelit Starlink. Bukan untuk layanan retail pelanggan akses internet secara langsung oleh Starlink," ujar Menkominfo.

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan, Hak Labuh Khusus Non-Gestationary Satellite Orbit (NGSO) tersebut harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh undang-undang, termasuk hak resiprokal dan akan dievaluasi setiap tahun.

"Starlink baru bisa beroperasi jika gateway station telah dibangun oleh Telkomsat. Gateway station sepenuhnya investasi dan milik Telkomsat," ungkap Johnny.

"Tanpa gateway station Telkomsat, satelit Starlink tidak bisa berfungsi untuk melayani backhaul Telkomsat. Hak labuh tersebut juga bersifat eksklusif hanya untuk Telkomsat, bagi layanan kebutuhan backhaul Telkom Group," pungkasnya.

Sebelumnya, sejak tahun lalu, Elon Musk tengah gencar mengembangkan Starlink, layanan internet berbasis satelit ke berbagai negara. Bahkan Starlink membuka pre-order layanan bagi pasar Indonesia.



Simak Video "SpaceX Luncurkan 49 Satelit Internet Starlink"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)