Menkominfo Luncurkan Digital Talent Program, Bidik 200 Ribu Mahasiswa

Menkominfo Luncurkan Digital Talent Program, Bidik 200 Ribu Mahasiswa

ADVERTISEMENT

Menkominfo Luncurkan Digital Talent Program, Bidik 200 Ribu Mahasiswa

Heri Susanto - detikInet
Selasa, 17 Mei 2022 20:44 WIB
Menkominfo Johnny G Plate Meluncurkan Digital Talent Program dengan target 200 ribu mahasiswa.
Menkominfo Johnny G Plate meluncurkan digital talent program (Foto: Heri Susanto/detikcom)
Yogyakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meluncurkan Digital Talent Program. Targetnya adalah menjangkau 200 ribu mahasiswa dengan pelatihan digital.

Berbicara dalam rangkaian acara 2nd Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting untuk G20 di JW Marriot Hotel, Yogyakarta, Selasa (17/5/2022) Johnny menjelaskan, Digital Talent Program ini tak hanya menyasar kalangan milenial. Ada tujuh akademi dengan kurikulum mulai digital tingkat menengah sampai digital marketing.

"Kurikulum diberikan dalam beberapa tingkatan, yaitu pertama fresh graduate academy, kedua digital entrepreneurship academy, talent scouting academy, empat government transformation academy, kelima thematic academy, keenam professional academy, dan ke tujuh vocational school graduate academy, dan ditambah satu digital leadership academy," jelasnya.

Khusus untuk digital leadership academy tersebut, kata Johnny, menjangkau 550 peserta dari pejabat pemerintah di daerah sampai pusat maupun pejabat sektor privat.

"Digital leadership academy menjangkau sebanyak 550 peserta untuk pengambil kebijakan digital terdiri dari unsur pejabat pemerintah dan pimpinan sektor privat," katanya.

Seluruh program tersebut, untuk mendorong munculnya talenta digital secara rata-rata. Saat ini Indonesia butuh 600 ribu intermediate digital skill.

"Namun, yang dilakukan pemerintah baru 200 ribu digital intermediate skill. Sehingga kita butuh dan saya mengajak perusahaan teknologi global maupun lokal Indonesia, ekosistem digital, bekerja sama untuk mengisi kebutuhan yang dilakukan sejak tahun 2018," katanya.

Program tersebut, menurut Menkominfo, sebagai akselerasi transformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, Johnny berharap, kalangan milenial di Indonesia tertarik untuk ikut ambil bagian dari program tersebut.

"Maka tentu melakukan lebih masif lagi kami harapkan milenial Indonesia mengambil secara aktif karena program ini gratis. Ikutilah syarat-syaratnya sebagaimana telah tertera dalam program kita," katanya.

Johnny menjelaskan, alumni dari Digital Talent Program ini akan terdata secara rapi dan akan langsung disalurkan untuk bekerja sesuai dengan kebutuhan formasi digital di Indonesia.

"Alumni program digital scholarship terdata dengan lengkap dan tersedia aplikasi yang mengatur mereka setiap saat dibutuhkan mudah mendapatkan atau berhubungan dengan mereka," jelasnya.



Simak Video "DEWG G20 Bahas Isu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT