Menkominfo dan Operator Janjikan Pemudik Akses Internet Tanpa Lelet

Menkominfo dan Operator Janjikan Pemudik Akses Internet Tanpa Lelet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 01 Mei 2022 21:31 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate mengecek kesiapan jaringan internet menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi saat mudik lebaran 2022.
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjanjikan jaringan telekomunikasi akan melayani para pemudik dengan kualitas layanan mumpuni selama Lebaran 2022.

Disampaikan Johnny, operator telekomunikasi, mulai dari Telkom, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata telah menyiapkan infrastruktur, personil, hingga dukungan demi menjaga kualitas layanan di saat terjadi peningkatan trafik.

Menkominfo menjelaskan hasil pemantauan kesiapan fasilitas telekomunikasi bersama penanggung jawab layanan telekomunikasi di pusat monitoring atau surveilans system Telkom di Cirebon, Jawa Barat.

"Di sana kepada saya disampaikan kesiapan operator seluler untuk memberikan dukungan layanan telekomunikasi selama masa mudik lebaran dari sejak meninggalkan kota menuju kampung halaman dan pada saat nanti kembali ke tempat kerja masing-masing," ungkapnya.

Menurut Johnny, operator seluler mengambil bagian secara serius, mempersiapkan peralatan dan personel baik di pusat monitoring atau surveilans system maupun di lapangan untuk memberikan dukungan agar mudik sekarang ini dapat berlangsung dengan baik.

"Persiapan tidak saja yang berkaitan dengan sarana prasarana transportasi, tetapi juga sarana dan prasarana digital atau telekomunikasi," ujarnya.

Menkominfo menjelaskan, salah satu faktor yang penting dari sisi kesiapan operator untuk melayani lonjakan trafik telekomunikasi dan data selama mudik dan lebaran.

"PT Telkom dan Group misalnya telah menyiapkan pemenuhan alat-alat Telkom berupa IP backbone sebesar 2 Tbps, Application 12 Tbps dan akses 17 Tbps yang nantinya cukup untuk melayani lonjakan traffic selama masa Lebaran dan mudik ini," tuturnya.

Disampaikan Menkominfo, operator seluler juga menyiapkan perangkat Base Transceiver Station (BTS), dengan melakukan panambahan BTS 4G LTE sekitar 200 unit dan juga melakukan digitalisasi di sejumlah SPBU.

Sekitar 237 SPBU digital yang didukung sebanyak 721 personel disiapkan Telkom. Selain itu perusahaan plat merah ini menyiapkan upgrade capacity sebanyak 708 site untuk memberikan dukungan layanan ini.

"Nah, dalam melakukan surveilans, saya juga sampaikan kepada operator seluler supaya melaksanakan koordinasi dengan sistem yang telah ada di Kementerian Kominfo," tandas Menkominfo.



Simak Video "Menkominfo Bicara Soal Kabar 5G Ganggu Penerbangan di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)