Bye TV Analog, Saatnya Bertanya TV Digital ke Chatbot Kominfo

Bye TV Analog, Saatnya Bertanya TV Digital ke Chatbot Kominfo

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 01 Mei 2022 15:03 WIB
TOKYO, JAPAN - JULY 29: A woman watches Olympics games on televisions at an electronics retail store on July 29, 2021 in Tokyo, Japan. Fans have been barred from most Olympic events due to the Covid-19 pandemic, which also caused the Games yearlong postponement. (Photo by Yuichi Yamazaki/Getty Images)
Kini ada chatbot WhatsApp Kominfo untuk bertanya soal TV digital(Foto ilustrasi: Getty Images/Yuichi Yamazaki)
Jakarta -

Rencana mematikan TV analog dimulai hari ini. Masyarakat bisa bertanya soal TV digital ke chatbot WhatsApp Kementerian Kominfo.

Seiring dengan pelaksanaan analog switch off (ASO) Tahap 1 pada Sabtu (30/4/2022), Kementerian Kominfo juga meluncurkan chatbot WhatsApp. Seperti diketahui ASO Tahap 1 akan dilakukan terhadap 166 kabupaten/kota yang akan dimatikan siaran TV analognya.

Untuk mendukung kelancaran masyarakat melakukan proses migrasi dari TV analog ke TV digital, Kominfo meluncurkan Chatbot WhatsApp. Chatbot ini sudah diluncurkan pada Jumat (29/4). Dalam postingan Instagram Kominfo seperti dilihat detikINET, chatbot ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi seputar migrasi siaran analog ke digital.

"Layanan chatbot ini merupakan salah satu inovasi untuk mensosialisasikan program ASO yang selambat-lambatnya dilaksanakan pada 2 November 2022," kata Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika Geryantika Kurnia.

Kominfo mengimbau agar masyarakat segera beralih ke siaran digital tanpa harus menunggu siaran analog di wilayahnya dimatikan. Kominfo juga mengatakan informasi seputar siaran digital lainnya melalui kanal resmi media sosial @siarandigitalindonesia.

Nomor Chatbot WhatsApp Siaran TV Digital: 08118202208

Chatbot ini akan memberikan sejumlah informasi seputar ASO dan TV digital. Informasi itu mencakup informasi umum ASO, jadwal tahapan ASO, wilayah terdampak ASO di masing-masing tahap, informasi bantuan STB dan STB bersertifikasi.

Seperti diketahui, ASO Tahap 1 dimulai dari 8 kabupaten/kota di 3 provinsi yang paling suiap duluan dan sudah 100% selesai membagikan set top box (STB) gratis TV digital. Daerah itu adalah Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti), Nusa Tenggara Timur: Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka), dan Papua Barat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong).

Sisa wilayah lainnya dari 166 kabupaten/kota itu akan menyusul kemudian secara bertahap.



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)