Lebaran 2022, Kominfo Jamin Akses Internet Tidak Akan Lemot

ADVERTISEMENT

Lebaran 2022, Kominfo Jamin Akses Internet Tidak Akan Lemot

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 27 Apr 2022 12:13 WIB
Pemudik Kapal Gratis asal Jakarta Disambut 2 Biduan di Pelabuhan Semarang, Rabu (27/4/2022).
Suasana mudik Lebaran 2022 (Foto: Afzal Nur Iman/detikJateng)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkoordinasi dengan para operator seluler untuk mengamankan kualitas layanan telekomunikasi, khususnya internet, pada saat Lebaran 2022.

Di momen tersebut, trafik layanan telekomunikasi akan cenderung meningkat dan berpindah ke lokasi tujuan mudik dalam waktu bersamaan. Di era digital seperti sekarang, layanan data akan lebih banyak diakses masyarakat ketimbang layanan suara atau SMS.

Terkait hal tersebut, Plt Dirjen PPI yang juga sekaligus Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail mengungkapkan bahwa pemerintah telah berkoordinasi dengan operator seluler, seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Smartfren.

"Koordinasi teknis terus dilakukan, saya baru tandatangan surat selaku Plt Dirjen PPI untuk mengingatkan para operator mengantispasi lonjakan trafik mudik Lebaran," ujar Ismail kepada detikINET, Rabu (27/4/2022).

Berbeda dengan dua edisi Lebaran sebelumnya yang lebih banyak fokus pada area residensial alias rumah-rumah warga, mengingat pandemi yang membuat aktivitas masyarakat banyak dilakukan di rumah.

Sedangkan Lebaran 2022, pemerintah telah mengizinkan bagi yang ingin mudik Lebaran ke kampung halaman. Perjalanan tersebut tentunya diiringi dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Ismail mengatakan rasa optimisinya masyarakat akan terlayani layanan telekomunikasi dengan baik selama momen Lebaran 2022.

"Kami optimis antisipasi lonjakan ini sudah dilakukan dengan baik oleh para operator mengingat hal Ini sudah menjadi agenda rutin tahunan. Namun kominfo akan terus memantau di lapangan kondisinya," pungkasnya



Simak Video "Daftar Situs Judi Berkedok Game Online yang Diblokir Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT