Jadwal dan Daftar Wilayah Setop TV Analog dan Mulai TV Digital Tahap 1

Jadwal dan Daftar Wilayah Setop TV Analog dan Mulai TV Digital Tahap 1

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 22 Feb 2022 17:21 WIB
Ilustrasi migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO).
Ini Jadwal dan Daftar Wilayah ASO Tahap 1 (Foto: Getty Images/EyeEm/Rene Wassenbergh)
Jakarta -

Migrasi TV analog ke TV digital dalam dua bulan lagi akan dilakukan yang dimulai dari wilayah Aceh sampai Papua. Catat, ini daftar wilayah yang terdampak Analog Switch Off (ASO) Tahap 1.

Seperti diketahui, suntik mati TV analog ini dibagi ke dalam tiga tahap. ASO Tahap 1 dilakukan pada 30 April, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus, dan ASO Tahap 3 pada 2 November 2022.

Dibandingkan di ASO Tahap 2 dan Tahap 3, Tahap 1 ini jumlah wilayah yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital ini lebih banyak. Rata-rata daerah yang terdampak di sebagian Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, sampai Papua.

Untuk penghentian siaran analog dan beralih ke siaran TV digital di tahap 1 ini mencakup 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran.

Beberapa waktu lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur yang dilakukan penyelenggara multipleksing di wilayah ASO Tahap 1 sudah rampung.

"Analog Switch Off Tahap1 persentase kesiapan infrastruktur multipleksing sudah 100% dan siap dilaksanakan," ujar Menkominfo.

Sedangkan, infrastruktur di wilayah ASO Tahap 2 dan Tahap 3 terus dikerjakan seiring berjalannya waktu. Pemerintah menargetkan pekerjaan rumah tersebut dapat terselesaikan dua bulan sebelum suntik mati TV analog dilaksanakan di masing-masing tahapan.

Adapun, bantuan set top box gratis TV digital dari pemerintah dan penyelenggara multipleksing di wilayah tersebut juga sudah tersedia.

Sebanyak 3.203.854 set top box gratis TV digital akan dibagikan kepada rumah tangga miskin. Syarat penerima bantuan ini, mereka yang punya KTP WNI, masuk ke wilayah yang terdampak ASO, hingga punya TV analog di rumahnya.

Halaman berikutnya Jadwal dan Daftar Wilayah ASO Tahap 1 Pada 30 April 2022