Ini Peta Jalan Indonesia Jadi Bangsa Digital di Masa Depan

Ini Peta Jalan Indonesia Jadi Bangsa Digital di Masa Depan

ADVERTISEMENT

Ini Peta Jalan Indonesia Jadi Bangsa Digital di Masa Depan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 03 Des 2021 19:16 WIB
Beberapa UMKM fashion di indonesia justru mampu bertahan di saat pandemi karena memaksimalkan strategi pemasaran digital untuk pemasaran.
Foto: Dok. Torch
Jakarta -

Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk menjadi bangsa digital di masa depan. Saat ini, pemerintah sedang membangun pondasi-pondasinya terlebih dahulu.

"Kita punya tujuan, membawa Indonesia menjadi jadi digital country, digital nation sampai akhir tahun 2024," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail.

Pemerintah sudah memiliki peta jalan Indonesia Digital 2021-2024. Disampaikan Ismail, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan lima arahan menuju Indonesia jadi bangsa digital.

Pertama, mempercepat perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet. Kedua, mempersiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis.

"Perlunya mempersiapkan roadmap transformasi digital yang terintegrasi untuk sektor-sektor strategis, agar tidak buang waktu dan SDM karena roadmap tidak jelas, sehingga perlu disiapkan yang rapi dan terstruktur," tuturnya.

Ketiga, mempercepat integrasi pusat data nasional. Keempat, menyiapkan talenta digital. Dan, kelima, menyiapkan regulasi skema-skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

Tujuan dilakukan transformasi digital ini ada empat sektor strategis, yaitu infrastruktur digital, pemerintah digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

Guna mencapai atau merealisasikan empat sektor strategis tersebut, Jokowi seperti dikatakan Ismail, ada enam arahan, sebagai berikut:

  • Membangun infrastruktur digital dan konektivitas yang inklusif, aman, dan andal dengan layanan berkualitas tinggi.
  • Meningkatkan kapabilitas digital di sektor prioritas untuk memperkuat daya saing geostrategis dan mendorong pertumbuhan yang berkualitas.
  • Membangun budaya digital dan memanfaatkan bonus demografi, serta memberdayakan rakyat Indonesia dalam mengembangkan dunia digital.
  • Mengubah Indonesia dari konsumen menjadi produsen teknologi melalui investasi di berbagai platform yang memiliki nilai kepentingan strategis nasional.
  • Membangun lembaga pemerintahan digital yang terbuka dan terintegrasi untuk meningkatkan pelayanan publik.
  • Harmonisasi regulasi dan meningkatkan pendanaan untuk memajukan inovasi.

"Ini adalah enam arah strategis yang ada di dalam peta jalan Indonesia Digital menuju 2024," pungkasnya.



Simak Video "Ekonomi Digital Indonesia Diprediksi Capai USD 77 Miliar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT