Jangan Salah Beli, Ini Daftar Set Top Box Resmi Tersertifikasi Kominfo

Jangan Salah Beli, Ini Daftar Set Top Box Resmi Tersertifikasi Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 01 Nov 2021 16:10 WIB
LAS VEGAS, NV - JANUARY 09: The DISH Hopper HD DVR system, including a pair of companion Joey set-top boxes, are displayed during a press event at The Venetian for the 2012 International Consumer Electronics Show (CES) January 9, 2012 in Las Vegas, Nevada. The unit comes with a 2 TB hard drive and can record up to six TV shows at once and can display up to four different shows in four different rooms in a home at the same time. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs from January 10-13 and is expected to feature 2,700 exhibitors showing off their latest products and services to about 140,000 attendees.   Ethan Miller/Getty Images/AFP (Photo by Ethan Miller / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Jangan Salah Beli, Ini Daftar Set Top Box Resmi Tersertifikasi Kominfo. Foto: Getty Images via AFP/ETHAN MILLER
Jakarta -

Suntik mati TV analog akan dimulai April 2022. Namun, saat ini sudah beredar banyak penjualan Set Top Box (STB) secara offline maupun online. Nah, ini ada 13 STB resmi yang tersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Set top box merupakan perangkat yang bermanfaat untuk membantu TV analog menangkap siaran TV digital. Perangkat ini akan diburu ketika proses migrasi TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) selesai.

Untuk itu, jangan sampai detikers salah membeli set top box abal-abal alias yang tidak memiliki sertifikasi Kominfo.

"Setiap perangkat televisi digital dan dekoder set top box DVBT2 yang diperdagangkan, dibuat, dirakit, dimasukan dan atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia diwajibkan untuk memperhatikan persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai peraturan perundang-undangan," ujar Kominfo seperti di situs Kominfo, Senin (1/11/2021).

Persyaratan teknis televisi digital dan set top box diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2019 tanggal 28 Juni 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran.

Ada 13 set top box resmi tersertifikasi Kominfo, berikut daftar merek beserta model atau tipenya:

  1. Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  2. Polytron PDV 600T2
  3. Ichiko 800HD
  4. Akari ADS-2230
  5. Akari ADS-210
  6. Akari ADS-186
  7. Venus Brio
  8. Tanaka T2
  9. Matrix Apple
  10. Evercoss STB1
  11. Nextron NT2000-D
  12. Nextron TR 1000
  13. Evinix H-1

Pemerintah melalui Kominfo tengah menata penyiaran dengan akan menghentikan siaran TV analog yang nantinya beralih ke siaran TV digital. Dengan peralihan tersebut akan ada penghematan frekuensi yang nanti bisa dipakai untuk layanan 5G.

Semula rencana migrasi TV analog ke digital akan dilakukan pada 17 Agustus kemarin. Hanya saja, pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan masukan dari publik, penghentian TV analog diundur jadi tahun depan.

Tahap 1 suntik mati TV analog dimulai 30 April 2022. Kemudian dilanjutkan Tahap 2 pada 31 Agustus 2022, dan terakhir Tahap 3 dilakukan pada 2 November 2022.

Meski dilakukan migrasi TV analog ke digital, masyarakat tetap mendapatkan siaran TV secara gratis. Bedanya dengan adanya siaran TV digital, masyarakat bisa menikmati gambar dengan kualitas terbaik tanpa 'semut', suara jernih, banyak saluran TV, ada fitur yang ramah keluarga, hingga untuk mendukung kebencanaan.



Simak Video "Migrasi RI ke TV Digital Ditunda!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)