Jadwal Lengkap dan Wilayah Migrasi TV Analog ke TV Digital

Jadwal Lengkap dan Wilayah Migrasi TV Analog ke TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 19 Agu 2021 05:40 WIB
Remote  Kontrol TV.  dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Jadwal Lengkap dan Wilayah Migrasi TV Analog ke TV Digital. Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Migrasi TV analog ke TV digital resmi dimulai April 2022, di mana semula dibagi lima tahap jadi tiga tahap. Ini jadwal dan wilayah suntik mati TV analog.

Semula proses mulai mengudaranya siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO) tersebut dimulai pada 17 Agustus 2021. Hanya saja karena pandemi COVID-19 masih menghantui, berbagai masukan, dan kesiapan, akhirnya migrasi penyiaran tersebut dilakukan mulai tahun depan.

"Penjadwalan ulang ASO sudah dilakukan dan didasari dengan Permen Kominfo setelah memperhatikan perkembangan PPKM dan dampaknya terhadap perekonomian rakyat, khususnya rakyat kecil," ungkap Menkominfo Johnny G. Plate.

"Kami harapkan dengan penjadwalan ulang tersebut, ASO dapat dilaksanakan tepat waktu dan berhasil dengan baik, dimulai 30 April 2022 yang akan datang," sambungnya.

Penyesuaian jadwal migrasi TV analog ke digital kemudian dituangkan ke dalam Permen Kominfo No. 11 Tahun 2021 perubahan atas Permen Kominfo No. 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggara Penyiaran.

Kendati ditunda sampai tahun depan, penghentian TV analog tetap harus selesai secara keseluruhan pada 2 November 2022 sesuai yang tercantum pada Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Plt Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Ismail mengungkapkan, agar jadwal baru migrasi TV analog ke digital ini menjadi rujukan bagi semua pihak.

"Mohon agar tanggal dan tahapan yang telah ditetapkan menjadi rujukan bagi kita semua untuk mempersiapkan peralihan ke siaran digital dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.


Halaman berikutnya jadwal lengkap dan wilayan migrasi TV analog ke Digital