Menkominfo: Migrasi TV Digital Diundur Jadi April 2022

Menkominfo: Migrasi TV Digital Diundur Jadi April 2022

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 13 Agu 2021 13:08 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Telkom Indonesia menggelar konferensi pers soal gangguan internet di Jayapura pascaputusnya kabel laut.
Menkominfo: Migrasi TV Digital Diundur April 2022. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) diundur sampai April 2022.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membagi proses migrasi TV analog ke TV digital ini ke dalam lima tahap. Menkominfo menyampaikan hal itu berdasarkan pertimbangan luasnya wilayah dan kompleksnya Indonesia.

Semula ASO untuk Tahap 1 dilakukan pada 17 Agustus 2021. Namun pemerintah menundanya, salah satunya karena pandemi virus Corona (COVID-19) masih belum reda, justru ada peningkatan.

"Sedianya dalam lima tahap, namun memperhatikan pandemi, di mana masih ada peningkatan (kasus), ada level PPKM 1, 2, 3, 4, maka tinjau kembali tahap ASO ini," ujar Menkominfo.

"Tadinya, tahap 1 pada 17 Agustus ini, tetapi situasi pandemi maka Analog Switch Off jadi tiga tahap, dimulai 30 April 2022, akhir Agustus 2022, dan awal November 2022," sambungnya.

Saat ini, Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggara Penyiaran sebagai payung hukum suntik mati TV analog dan beralih TV digital sedang direvisi.

"Payung hukumnya, mudah-mudah segera dalam minggu ini akan dikeluarkan, sebelum tanggal 17 Agustus 2021," pungkas Johnny.



Simak Video "Kemkominfo Mulai Migrasi dari Analog ke TV Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)