DPR Siap Maraton Bahas RUU PDP dengan Kominfo

DPR Siap Maraton Bahas RUU PDP dengan Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 25 Mar 2021 15:40 WIB
Ilustrasi smartphone
Foto: Freepix
Jakarta -

Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP) selangkah lagi disahkan usai masuk Prolegnas Prioritas 2021. Sejalan dengan pernyataan Menkominfo Johnny G Plate, Komisi I DPR RI juga siap kebut pembahasan RUU PDP.

Anggota DPR RI Komisi I dari Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menanggapi pernyataan Menkominfo bahwa pada dasarnya Komisi I juga siap kebut membahas RUU PDP ini.

"Minggu depan kita kebut rapat panja, mungkin tiga kali seminggu agar selesai masa sidang ini. Utamanya soal konsep badan otoritas independen, kelembagaan, dan tupoksi. Komisi I menunggu drafting usulannya dari pemerintah," ujar Bobby, Kamis (25/3/2021).

Hanya saja, Komisi I menunggu draft dari pemerintah terkait RUU PDP, khususnya menyangkut konsep keberadaan badan independen, mulai dari kelembagaan hinga tuga pokok dan fungsi (tupoksi) badan independen tersebut.

"Iya lah (siap kebut bahas RUU PDP), kan RUU ini pemerintah dan legislatif," ucap Bobby.

Sebelumnya, Menkominfo mengatakan keinginannya untuk segera membahas RUU PDP dengan Komisi I DPR RI. Hal ini seiring dengan tumbuh pesatnya teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

"Pada saat di mana akselerasi transformasi digital dan pertumbuhan ruang digital termasuk digital ekonomi berkembang pesat maka Pelindungan Data Pribadi Masyarakat menjadi sangat penting dan urgent," kata Johnny.

Menkominfo melanjutkan dengan RUU PDP bagian dari Prolegnas Prioritas 2021, diharapkan bersama-sama dengan Komisi I DPR RI pembahasan dapat dilakukan dengan cepat dan pengesahan menjadi UU PDP dalam waktu yang cepat sesuai jadwal persidangan.

Kominfo sendiri di 2021 punya program prioritas yang dikejarnya untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, mulai dari pembangunan infrastruktur BTS 4G, Pusat Data Nasional, sampai RUU PDP.

"Kami tentu berharap pembahasan RUU PDP antara pemerintah dalam hal ini Kominfo dan Komisi I DPR RI bisa dilakukan dan diselesaikan, mengingat begitu pentingnya kebutuhan pelindungan data pribadi," pungkas Johnny.



Simak Video "Pemerintah Targetkan UU Perlindungan Data Pribadi Rampung November 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)