Ini Jadwal Baru Ponsel BM Dimatikan

Ini Jadwal Baru Ponsel BM Dimatikan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 24 Agu 2020 15:10 WIB
Aturan IMEI segera diimplementasikan pada 24 Agustus 2020 untuk suntik mati ponsel BM alias black market di Indonesia.
Asosiasi Sebut Ponsel BM Dimatikan Akhir Agustus. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ketua Bidang Hubungan Pemerintahan Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI), Syaiful Hayat, mengungkapkan bahwa aturan IMEI akan diberlakukan pada 31 Agustus mendatang. Seperti diketahui, seharusnya pada hari ini, Senin (24/8/2020) ponsel BM yang ada di Indonesia sudah bisa dimatikan seiring dengan diterapkannya regulasi tersebut, tapi tertunda.

APSI yang turut aktif dalam kebijakan IMEI ini menyebutkan, ada kendala teknis di mana hal itu yang membuat kebijakan untuk suntik mati ponsel BM tidak bisa dilakukan pada hari ini.

"Setahu saya masih dalam proses aturan IMEI ini, semacam ada administrasi yang harus dilakukan dulu. Mungkin dalam beberapa hari lagi sudah siap atau akhir Agustus ini," ujar Syaiful kepada detikINET.

Syaiful mengungkapkan berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa alat untuk mendukung pemblokiran ponsel ilegal, yakni Equipment Identity Registration (EIR) dan Central Equipment Identity Register (CEIR) sudah siap.

"Jadi, data sudah ada, cuma belum bisa diolah karena masih nunggu administratifnya," ucapnya

Awalnya aturan IMEI ini dijadwalkan sudah bisa diimplementasikan pada 18 April lalu usai melalui proses sosialisasi selama enam bulan terhitung sejak 18 Oktober 2019. Dari situ juga, para menteri terkait menekan peraturan menteri masing-masing menyangkut tugas di aturan IMEI, yaitu melibatkan Menkominfo, Menteri Perindustrian, dan Menteri Perdagangan.

APSI mengharapkan aturan IMEI ini bisa disegerakan diterapkan, mengingat sejumlah produk-produk yang tidak resmi dijual di Indonesia, justru banyak ditemukan dijual di internet, salah satunya media sosial.

"Kebijakan ini yang kita tunggu," pungkasnya.



Simak Video "Kemenperin Sebut Aturan IMEI Belum Efektif Blokir Ponsel BM"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)