Jokowi Siapkan Rp 30,5 T untuk Transformasi Digital 2021

Jokowi Siapkan Rp 30,5 T untuk Transformasi Digital 2021

Danang Sugianto - detikInet
Jumat, 14 Agu 2020 15:11 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD, Jumat (14/8/2020). Dalam pidatonya, ia mengatakan pemerintah tak pernah main-main untuk memberantas korupsi.
Jokowi Siapkan Rp 30,5 T untuk Transformasi Digital 2021 (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mau menggenjot pembangunan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia tahun 2021. Duit Rp 30,5 triliun pun disiapkan.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato Nota Keuangan di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Uang ini untuk mempercepat transformasi digital.

"Pembangunan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) di tahun 2021 dengan anggaran Rp 30,5 triliun, termasuk melalui TKDD, difokuskan untuk mengakselerasi transformasi digital," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, anggaran ini untuk penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu, pemerintah mau mewujudkan pelayanan publik yang efisien dan cepat, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

"Mengonsolidasi dan mengoptimasi infrastruktur dan layanan bersama, serta mewujudkan inklusi masyarakat di wilayah prioritas pembangunan," imbuhnya.

Anggaran yang diumumkan Jokowi ini jauh lebih besar dari yang diajukan oleh Kemenkominfo. Dalam beberapa pemberitaan sebelumnya, Menkominfo Johnny G Plate kepada media menyampaikan pihaknya membutuhkan anggaran Rp 22,57 triliun.



Simak Video "Kemenkominfo Soal Pemblokiran Website Jouska"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)