TikTok cs Dilarang di India, Ini Tanggapan China

TikTok cs Dilarang di India, Ini Tanggapan China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 19:28 WIB
TikTok Bantah Tuduhan Bagikan Data Pengguna India ke Pemerintah Cina
Aplikasi TikTok. Foto: DW (News)
Beijing -

TikTok, ShareIT, dan UC Browser serta puluhan aplikasi lain, kebanyakan asal China, telah dilarang oleh pemerintah India. Pemerintah China pun melontarkan tanggapan.

Seperti diberitakan, pelarangan dilakukan di tengah tensi tinggi menyusul tewasnya 20 tentara India dalam bentrokan dengan tentara China di perbatasan Himalaya. Kementerian Teknologi India menyebut aplikasi itu dianggap tidak aman karena membahayakan data pengguna.

"Pengumpulan data mengganggu keamanan dan pertahanan nasional India, sebuah kekhawatiran sangat mendalam yang membutuhkan tindakan darurat," sebut Kementerian Teknologi Informasi India.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, menyatakan Beijing sangat prihatin atas adanya larangan TikTok cs tersebut.

"China amat prihatin terhadap pengumuman yang dikeluarkan pihak India. Kami memeriksa dan memverifikasi situasi ini," sebut Zhao yang dikutip detikINET dari Hindustan Times.

"Saya ingin menekankan bahwa pemerintah China selalu meminta bisnis China mematuhi aturan internasional, hukum lokal, dan regulasi dalam kerja sama bisnis mereka dengan negara asing," cetusnya.

"Pemerintah India punya tanggung jawab untuk menjunjung tinggi hak-hal legal investor internasional, termasuk dari China. Kerja sama antara China dan India sebenarnya saling menguntungkan dan win win," tambahnya, mengindikasikan China merasa heran terhadap pelarangan TikTok dkk.



Simak Video "TikTok Dilarang di India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)