New Normal Buka Peluang Baru Untuk Masyarakat Digital

New Normal New Spirit

New Normal Buka Peluang Baru Untuk Masyarakat Digital

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 12 Jun 2020 20:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
New Normal Buka Peluang Baru Untuk Masyarakat Digital (Foto: Kominfo)
Jakarta -

New Normal disambut optimistis oleh pemerintah. Standar kehidupan baru akan membuka peluang dan mendorong terwujudnya masyarakat digital.

"Pandemi ini telah melatih kita untuk melihat peluang-peluang baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. Ini juga mendorong kita mempercepat transformasi digital menuju masyarakat digital, digital society," kata Menkominfo Johnny G Plate kepada detikINET, Jumat (12/5/2020).

Menurut Johnny, pandemi COVID-19 membuka mata kita semua akan pentingnya aspek kesehatan, kebersihan dan disiplin. COVID-19 mengajarkan untuk beradaptasi dan berinovasi dalam standar kehidupan yang baru.


"Setiap anak bangsa menggali segenap kemampuan yang dimiliki, tapi tetap tidak melupakan semua standar kesehatan dan keamanan yang kita praktikan selama masa PSBB," ujarnya.

Johnny mengatakan Presiden Jokowi sudah menerapkan protokol adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19. Kementerian Kominfo mengawal dengan menyediakan informasi yang penting.

Caranya selama ini adalah dengan Sistem Integrasi untuk Bersatu Lawan COVID-19. Sistem itu mencakup website covid19.go.id dan chatbot Whatsapp. Lalu ada aplikasi Peduli Lindungi dengan digital diary dan teknologi GPS. Johnny mengajak lebih banyak orang mengunduhnya sebagai upaya pencegahan dini.


"Saya optimistis Indonesia bisa bangkit kembali setelah pandemi COVID-19. Betapa para stakeholder komunikasi dan informatika dengan kompak bersatu padu menyiapkan New Normal," kata dia.

Para operator seluler memastikan jaringan tetap aman untuk masyarakat yang bekerja dan belajar dari rumah serta beribadah. Para startup juga melahirkan inovasi-inovasi luar biasa supaya kegiatan ekonomi bisa berjalan secara online. UMKM bisa tetap hidup dalam ekosistem digital, bisnis tetap jalan dan masyarakat tetap bisa mencari nafkah.

Johnny mengatakan ini tidak mudah, tapi ini bukannya tidak mungkin. Sebagai bangsa besar, Indonesia punya semangat gotong royong yang menjadi jati diri dan kekuatan bangsa.

"Saatnya kita bangkit dari sebuah krisis kesehatan global, menuju New Normal. yang penuh kesempatan dan optimisme. Ayo kita jadikan ini semangat bersama. Adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman COVID-19. New Normal, New Spirit!" pungkasnya.



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)