Ini Kronologis Penangkapan Ravio Patra Versi KontraS

Ini Kronologis Penangkapan Ravio Patra Versi KontraS

Tim detikINET - detikInet
Jumat, 24 Apr 2020 06:06 WIB
Ravio Patra
Ravio Patra. Foto: SAFEnet
Jakarta -

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) membeberkan kronologi penangkapan peneliti kebijakan publik dan pengiat advokasi legislasi Ravio Patra (RP).

Dalam kronologis yang unggah KontraS di akun Twitter-nya itu mengaitkan nama Billy Mambrasar dan peretasan WhatsApp. Berikut lengkapnya:

21 April 2020

RP mengontak Billy Mambrasar via SMS untuk memberitahukannya bahwa RP tahu perusahaannya menjalankan proyek pemerintah tanpa mengikuti proses pengadaan yang tepat.

Pagi hari, 22 April 2020, Billy merespon bahwa dia sudah mundur dari perusahaan tersebut. RP meminta bukti pengundurn diri dan Billy tidak memberikannya. RP mendorong dan memberi waktu untuk menunjukan bukti tersebut, untuk diangkat di media sosial.

22 April 2020

08.31 WIB
RP mencuit di akun Twitter @raviopatra:
"Beneficial ownership transparancy tapi sistemnya ga bisa diakses oleh publik. Oh mama oh papa~ perusahaan om tante dan bro sis semua yang ngerjain tender pemerintah~" Setelah itu RP pergi tidur.

13.10 WIB
RP terbangun dan tidak dapat mengakses akun WhatsApp (WA)-nya. RP menerima SMS berisikan OTP dari WA 12.13 WIB. Selama tidur ada sejumlah panggilan dari nomor telpon yang tidak dikenal, termasuk nomor seorang polisi dan berpangkat militer. RP beberapa kali mencoba logon kembali di akun WA, namun gagal.

13.20 WIB
RP mengontak rekannya dan menceritakan kejadian ini. RP juga mengontak Telkomsel untuk komplain tentang kondisi yang ia alami.

13.29 WIB
Rekan jaringan yang dihubungi RP mengontak WA.

14.13 WIB
Rekan RP mendapatkan keterangan dari pihak WA bahwa akun WA RP memiliki tanda-tanda peretasan.



Simak Video "Polri Beberkan Penangkapan Aktivis Ravio Patra dan WN Belanda"
[Gambas:Video 20detik]