Jumat, 13 Mar 2020 16:19 WIB

AS Kembali Tunda Pemblokiran Huawei

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Logo Huawei AS Kembali Tunda Pemblokiran Huawei (Foto: Reuters)
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat kembali menunda pemblokiran penuh terhadap Huawei hingga 15 Mei 2020 mendatang.

Pemblokiran penuh terhadap Huawei, yang membuat sama sekali tak bisa berbisnis dengan perusahaan AS, sebelumnya dijadwalkan akan dilakukan pada 1 April 2020. Namun kemudian diundur menjadi 15 Mei 2020.

Kementerian Perdagangan AS pun meminta masukan dari masyarakat terkait pemblokiran ini, yaitu untuk mengetahui pendapat masyarakat apakah pemblokiran ini perlu diubah atau kembali diperpanjang.

Sebagai informasi, ini adalah penundaan ke-4 untuk pemblokiran Huawei yang dilakukan oleh pemerintah AS. Yaitu setelah mereka resmi melarang Huawei untuk berbisnis dengan perusahaan AS pada Mei 2019 lalu.

Tak lama setelah keputusan pemblokiran itu, Kementerian Perdagangan AS langsung mengeluarkan lisensi sementara yang berlaku selama tiga bulan. Dengan lisensi tersebut, Huawei tetap bisa memberikan dukungan terhadap ponsel dan peralatan jaringannya.

Kemudian lisensi sementara yang sama kembali dikeluarkan pada Agustus dan November 2019 (selama 90 hari), dan kemudian lisensi sementara selama 45 hari pada Februari 2020 lalu.

Lisensi sementara ini adalah hal penting untuk kelangsungan penyedia layanan telekomunikasi di daerah terpencil, yang bergantung pada peralatan jaringan Huawei, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (13/3/2020).

Pemerintah AS sendiri berencana menyediakan dana sebesar USD 1 miliar untuk mendanai pergantian peralatan telekomunikasi tersebut.



Simak Video "Hadir dengan 'Kamera Monster', Berapa Harga Huawei P40?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)