China Desak Kanada Bebaskan Bos Huawei

China Desak Kanada Bebaskan Bos Huawei

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Jan 2020 10:16 WIB
Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou. Foto: Karen Ducey/Getty Images
Jakarta - Pemerintah China kembali mendesak pemerintah Kanada untuk membebaskan Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou secepat mungkin. Desakan ini dikeluarkan menjelang sidang ekstradisi pertama putri pendiri Huawei tersebut.

"Usaha pemerintah China untuk melindungi hak hukum warganya sangat tegas dan tak tergoyahkan. Kasus ini adalah permasalahan politik yang sangat serius," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang.

Seperti diketahui, Wanzhou ditangkap di Vancouver International Airport, Kanada, pada Desember 2018 atas permintaan Amerika Serikat. Pemerintah Negeri Paman Sam itu mendakwa Wanzhou atas tuduhan penipuan bank dan menyesatkan bank HSBC mengenai informasi bisnis Huawei di Iran.


Saat ini Wanzhou berstatus tahanan rumah dan tinggal di rumahnya yang bernilai USD 13 juta di Vancouver. Ia diawasi ketat dan harus memakai perangkat pelacak.

Meski tak dipenjara, Wanzhou hanya bisa berdiam di rumah dan ia hanya bisa keluar rumah saat pergi ke pengadilan untuk membahas kasusnya.

Ia dikunjungi secara rutin oleh anggota keluarganya, karyawan Huawei ataupun pengacaranya. Meng bisa menulis ataupun berkomunikasi dengan bebas.


China Desak Kanada Bebaskan Bos Huawei


Simak Video "Siap Tandingi iPad Pro, Huawei MatePad Pro Resmi Tiba di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)