Kaleidoskop Kominfo 2019: Blokir Internet, Kimi Hime, Tol Langit, dan IndoXXI Tutup - Halaman 4

Kaleidoskop Kominfo 2019: Blokir Internet, Kimi Hime, Tol Langit, dan IndoXXI Tutup

tim - detikInet
Selasa, 31 Des 2019 21:00 WIB
Foto: Agus Tri Haryanto/inet

3. Blokir Akses Internet

Kebijakan kontroversial dilakukan Kominfo yang tak hanya sebatas layanan media sosial tetapi juga akses internet. Tercatat, sudah tiga kali Kominfo mengambil langkah ini.

Kejadian pertama pada pasca pengumuman hasil Pilpres 2019. Pada 22 Mei, pemerintah resmi melakukan pembatasan akses medsos, terutama layanan pesan seperti WhatsApp. Masyarakat kesulitan dalam mengirimkan file video dan foto saat itu.

Cara ini diambil pemerintah untuk menghindari berita bohong yang tersebar secara masif, sehingga pembatasan akses medsos jadi solusinya. Adapun pembatasan ini berlangsung tiga hari.

Kedua, Kominfo membatasi akses internet di wilayah Papua seiring kondisi yang tak kondusif di Indonesia bagian timur setelah kasus penyerangan asrama Papua di Surabaya. Alhasil, warga Papua hanya bisa menikmati layanan telepon tanpa bisa berselancar di dunia maya.

Ketiga, di tanah Papua, tepatnya di Wamena, Kominfo melakukan pembatasan akses internet sejak Senin(23/9) dan dibuka kembali lima hari kemudian. Langkah tersebut diambil menyusul adanya kericuhan yang berdampak hilangnya korban jiwa.