'Perkawinan' WhatsApp dan Instagram Kian Ditentang

'Perkawinan' WhatsApp dan Instagram Kian Ditentang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 15 Des 2019 09:34 WIB
WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Facebook tengah mengerjakan perubahan besar di WhatsApp dan aplikasi di bawah kendalinya, Instagram dan Facebook Messenger, di mana ketiganya akan berintegrasi dan dapat saling berkirim pesan. Akan tetapi, otoritas semakin berusaha menentangnya.

Terbaru adalah lembaga pengawas perdagangan Amerika Serikat, Federal Trade Commision (FTC). FTC kabarnya tengah menginvestigasi Facebook terkait tuduhan monopoli dan anti kompetisi.

Dikutip detikINET dari Engadget, investigasi dilakukan setelah Facebook mengumumkan akan menyatukan WhatsApp, Instagram dan Facebook. Artinya, total 2,7 miliar user bisa saling berkirim pesan secara privat dan tersandi.


"Kami membangun fondasi untuk komunikasi sosial dengan tujuan yang semakin diperhatikan oleh orang-orang, yakni berkirim pesan satu sama lain secara privat," sebut Facebook.

Kekhawatiran utama FTC adalah jika integrasi itu terjadi, Facebook bakal makin dominan. Saran bahwa perusahaan raksasa itu dipecah saja agar tak terlalu mengendalikan komunikasi bakal makin susah dilakukan.

Maka ada kemungkinan FTC akan berusaha mencegah integrasi tersebut. Di pihak, Departemen Kehakiman AS sudah lama tidak setuju dengan penyandian pesan karena dianggap menyulitkan pihaknya melawan kaum kriminal.


Integrasi ketiga layanan dan diterapkannya penyandian pun juga ditentang penegak hukum di AS dan sekutunya. Bahkan tak menutup kemungkinan penyandian di WhatsApp diminta dilucuti karena otoritas meminta ada akses backdoor bagi mereka kala menginvestigasi sebuah kejahatan.

"Perusahaan tak seharusnya mendesain sistem untuk menghindari akses pada konten, mencegah investigasi kriminalitas yang paling serius. Ini mengakibatkan warga terpapar risiko dengan menurunkan kemampuan perusahaan mendeteksi dan merespons konten ilegal," tulis Jaksa Umum Amerika Serikat, William Barr dalam suratnya bersama pejabat Inggris dan Australia beberapa waktu silam.

'Perkawinan' WhatsApp dan Instagram Kian Ditentang


Simak Video "Cara Lakukan Video Call WhatsApp hingga 8 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)