Senin, 04 Nov 2019 12:48 WIB

Bos Ponsel China Ini Kena Cekal Pemerintah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Luo Yonghao. Foto: REUTERS/Stringer Luo Yonghao. Foto: REUTERS/Stringer
Jakarta - Pendiri perusahaan ponsel Smartisan Technology bernama Luo Yonghao dimasukkan ke dalam daftar pencekalan oleh Pemerintah China. Apa masalahnya?

Yonghao dilarang naik pesawat dan kereta cepat karena perusahaannya tak mau mengikuti keputusan pengadilan terkait perselisihan kontrak dengan perusahaan lain. Tak cuma itu, ia pun dilarang menginap di hotel mahal, pergi ke klub malam, membeli properti, dan bahkan menyekolahkan anaknya di sekolah privat berbiaya mahal.

Perintah pengadilan Danyang ini dikeluarkan setelah mereka mengetahui kalau Smartisan tak mau mengikuti perintah pengadilan sebelumnya terkait perselisihan dengan perusahaan elektronik lain yang juga berasal dari China.

Smartisan memang bukan perusahaan ponsel yang sangat terkenal, nama mereka tak sepopuler Huawei, Xiaomi, dan Oppo. Mereka lebih dikenal karena sosok Yonghao yang flamboyan, yang pernah menyatakan punya rencana untuk mengakuisisi Apple.


Ponsel terbaru Smartisan adalah sebuah ponsel yang dibuat bekerja sama dengan ByteDance -- induk TikTok --. ByteDance sendiri bekerja sama dengan Smartisan setelah mereka membeli sejumlah paten milik perusahaan tersebut.

Chief Operating Officer Smartisan Wu Dezhou menyebut mayoritas tim Smartisan sudah pindah ke ByteDance untuk mengerjakan ponsel tersebut dan sejumlah perangkat edukasi, dan Yonghao sendiri sudah meninggalkan perusahaan itu untuk alasan personal.

Yonghao sebelumnya sudah memposting pernyataan resminya di Weibo, yang berisi permintaan maaf kepada para kreditor dan investornya. Ia pun berjanji akan membayar semua utangnya di masa yang akan datang.

Smartisan tercatat mempunyai utang sebesar 600 juta yuan, yaitu setelah bisnisnya memburuk sejak 2018 lalu. Namun mereka sudah membayar utangnya sebesar 300 juta yuan selama 10 bulan ke belakang, setidaknya itulah yang diklaim oleh Yonghao.

Simak Video "Gara-gara TikTok, BTS Pecahkan Rekor Lagi di Guinness World Records"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)