Selasa, 29 Okt 2019 20:16 WIB

Kepala Badan Siber Ajak Menkominfo Johnny Bentengi Internet Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) anyar Johnny G Plate.

Dalam rapat kabinet pertama beberapa waktu lalu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan perintah kepada Johnny untuk melakukan deregulasi di bidang informatika.

Selain itu, Johnny juga diamanatkan mendorong industri teknologi informasi agar lebih cepat. Begitu pula fokus kepada kedaulatan data, cyber security dan cyber crime. Diketahui, sektor-sektor tersebut pun bagian dari BSSN.


"Oh tentu. Negara ini bekerja dalam suatu sistem. Pemerintah bekerja satu tim, jadi kita kerja sama semua, harus koordinasi, tentunya sesuai dengan bidang tugas masing-masing. Kita bekerjasama dengan semua, apalagi Kominfo, tentunya," kata Hinsa di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Sayangnya, saat ditanya kerja sama apa yang akan dikerjakan oleh BSSN dan Menkominfo Johnny berkaitan dengan kedaulatan data, cyber security, dan cyber crime, ia tidak menjawab rinci.


"Nanti kita bicarakan (hal itu) ke depan," ucap dia.

Di kesempatan ini, berdasarkan pantauan BSSN terkait situasi media sosial (medsos) pasca Pilpres 2019, layanan tersebut dinyatakan sudah kembali kondusif.

"Oh secara umum dari sisi pantuan dari siber, kita puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa, semakin kondusif, ya," pungkas dia.

Simak Video "Lantik 12 Pejabat Baru, BSSN Ingin Lakukan Pembinaan Karir"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)