Rabu, 23 Okt 2019 17:42 WIB

Ini Pesan Khusus Jokowi ke Menkominfo Johnny

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sertijab Rudiantara ke Johnny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET Sertijab Rudiantara ke Johnny G Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan khusus untuk Johnny G Plate yang mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di kabinet Indonesia Maju. Apa pesan tersebut?

"Ada pasti (pesan khusus dari Jokowi). Di bidang mikro dengan memfasilitasi untuk mempercepat itu, menyiapkan legislasi dengan tegak, lalu perlindungan data pribadi itu betul-betul dijaga," kata Johnny usai serah terima jabatan dengan pendahulunya, Rudiantara, di Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (23/10/2019).



"Kita harus mempunyai bank data nasional dengan benchmark di beberapa negara agar kita menjadi bagian dari data global yang bisa bertukar informasi dengan baik untuk manfaat negara kita, itu di bidang informatika," sambungnya.

Untuk bidang komunikasi, dilanjutkan politisi Partai NasDem ini, Presiden Jokowi ingin rakyat Indonesia dekat dengan gerak pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Jangan merasa jauh, tapi dekat. Untuk itu, dia harus selalu dikasih tahu. Tuhan itu Maha Tahu, tetapi rakyat harus dikasih tahu. Di Indonesia siapa yang kasih tahu rakyat? Kominfolah yang akan kasih tahu rakyat," tutur dia.

Johnny belum bisa mengungkapkan secara detail terkait program kerja yang akan dilakukannya sebagai Menkominfo. Dia beralasan bahwa itu harus melalui proses rapat dulu dengan para pejabat di Kominfo.


Sejauh ini, ia hanya mengatakan ingin melahirkan startup hectocorn, yaitu perusahaan yang memiliki valuasi USD 100 miliar atau Rp 1.400 triliun. Sebagai informasi, Indonesia baru mempunyai empat unicorn yang dipegang oleh Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan Ovo. Sedangkan, Gojek sudah masuk ke tahapan Decacorn.

Ini Pesan Khusus Jokowi ke Menkominfo Johnny


Simak Video "Sertijab Menkominfo: dari Kalangan Profesional ke Politisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)