Rabu, 23 Okt 2019 16:50 WIB

Kepleset Lidah, Johnny G Plate Salah Sebut Kepanjangan Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Johnny G Plate. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Johnny G Plate. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Rasa gugup sepertinya melanda Johnny G Plate yang baru saja menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di kabinet Indonesia Maju. Alhasil, ia sampai keserimpet lidah saat menyebut kepanjangan Kementerian Kominfo.

Seperti diketahui, Kominfo merupakan kepanjangan dari Komunikasi dan Informatika. Namun, dalam sambutan pertamanya sebagai Menkominfo, ia justru mengatakan 'informasi' yang seharusnya 'informatika'.

"Eselon, pejabat-pejabat, warga besar kementerian komunikasi dan informasi yang saya banggakan," ucap Johnny di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


Para tamu yang hadir di acara serah terima jabatan ini langsung riuh dan sontak ramai-ramai mengkoreksinya dengan menyebut "Informatika". Mendapati ada kesalahan ucapannya, politisi partan NasDem ini langsung tersipu malu.

Rudiantara yang ada disamping Johnny langsung membela seraya mengatakan, "Eh ini baru tiga jam dilantik," kata pria yang disapa Chied RA ini.

Tak lama berselang, Johnny meralat ucapannya dengan menyingkat Kementerian Kominfo saja. "Rekan-rekan Kementerian Kominfo yang saya banggakan," kata Johnny yang disambut tepuk tangan.

Diberitakan sebelumnya, Johnny masuk ke dalam jajaran kabinet Indonesia Maju yang baru saja diumumkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta. "Bapak Johnny G Plate Menkominfo," kata Jokowi.


Johnny G Plate pun tampak memakai kemeja batik yang menjadi dresscode para menteri baru hari ini. Dia lalu berdiri dan memberi salam kepada media.

"Yang terkait cyber crime, kedaulatan data industri, teknologi informasi, menjadi wilayah beliau," jelas Jokowi.

Kepleset Lidah, Johnny G Plate Salah Sebut Kepanjangan Kominfo


Simak Video "Strategi Menkominfo Johnny di Era Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)