Rabu, 23 Okt 2019 10:29 WIB

Teruntuk Johnny G Plate, Ini PR Menkominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Johnny G Plate (Andhika/detikcom) Foto: Johnny G Plate (Andhika/detikcom)
Jakarta - Rudiantara mengaku masih ada pekerjaan rumah alias PR yang belum ia selesaikan selama mengisi jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), yaitu konsolidasi operator seluler. Hal itu menjadi salah satu PR bagi Johnny G Plate yang baru saja dilantik jadi Menkominfo oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Untuk menyegarkan ingatan kembali, saat pertama kali ditunjuk sebagai Menkominfo di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Rudiantara ingin mendorong konsolidasi para operator seluler menjadi tiga perusahaan saja.


Pria yang disapa Chief RA ini menjelaskan calon Menkominfo selanjutnya, baik yang berlatar belakang politik maupun profesional, harus bisa klik dengan Presiden RI Jokowi.

"Kalau menurut saya apakah itu berlatar belakang politik atau tidak berlatar belakang politik yang penting bisa ngeklik sama presiden dan membangun unrastruktur tanpa henti," ungkap dia.

"Kemudian juga mengembangkan ekosistem ekonomi digital dan juga jangan lupa PR untuk konsolidasi (kepada Menkominfo baru)," sambungnya.


Menkominfo beralasan mengapa konsolidasi operator seluler tak berhasil dilakukan di eranya.

"Perlu waktu terutama di pemegang saham pengendali. Pemerintah juga harus menyiapkan di sisi frekuensi," sebutnya.

Diketahui, contoh operator seluler yang sudah melakukan konsolidasi, seperti PT Smart Telecom Tbk dengan PT Mobile-8 Telecom yang melahirkan PT Smartfren Telecom Tbk, lalu ada pula merger PT XL Axiata dengan PT Axis Telekom.


Teruntuk Johnny G Plate, Ini PR Menkominfo


Simak Video "Sertijab Menkominfo: dari Kalangan Profesional ke Politisi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)