Sabtu, 12 Okt 2019 22:12 WIB

Logo Calibra Mirip dengan Bank, Facebook Digugat

Josina - detikInet
Libra, mata uang digital Facebook. (Foto: Istimewa) Libra, mata uang digital Facebook. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Pada pertengahan tahun 2019, Facebook meluncurkan mata uang digitalnya, Libra. Di samping itu, ada Calibra sebagai dompet digital yang akan memungkinkan pengguna mengirimkan pada siapapun dengan smartphone.

Oleh Facebook, Calibra dibuatkan logo baru. Sayangnya logo tersebut membuat Facebook mendapatkan masalah karena mirip dengan logo sebuah bank bernama Current. Current pun melayangkan gugatannya ke Facebook dengan tuduhan pelanggaran merek dagang.


Dilansir dari The Verge, Sabtu (12/10/2019), gugatan tersebut menyasar 4 pihak yang terdiri dari Facebook, Calibra, anak perusahaan Facebook yang memiliki IP terkait dengan Calibra dan Character, perusahaan yang membuat logo Calibra.

Current mengklaim bawa logonya tersebut sudah mulai digunakan pada Agustus 2016, sedangkan Calibra milik Facebook baru meluncur pada bulan Juni 2019.




"Sangat mencurigakan bahwa logo keluar dari perusahaan yang sama yang menciptakan logo penggugat," ujar Howard Shire, pakar HAKI di Pepper Hamilton LLP. Dia mengatakan harus menunggu detail lebih lanjut kasus ini untuk mengetahui mengapa kedua logo tersebut bisa sangat mirip.

"Saya kira selalu ada peluang bahwa tim yang berbeda di Character membuat logo yang sama tiga tahun terpisah atau bahwa Facebook dan Calibra tidak tahu bahwa logonya sama dengan Current. Tapi kesamaannya memang terlihat mencurigakan," tambahnya.

Simak Video "3 Aplikasi Ini Bisa Menyadap WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)