Jumat, 26 Jul 2019 23:00 WIB

Blokir Konten Kimi Hime Akankah Dibuka, Menkominfo?

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Instagram @kimi.hime Foto: Instagram @kimi.hime
Jakarta - Sejumlah konten milik YouTuber Kimi Hime diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Akankah konten tersebut dibuka kembali?

Pertanyaan tersebut coba disodorkan ke Menkominfo Rudiantara. Dia mengatakan sepengetahuan dirinya dari ratusan konten yang di-posting Kimi, tidak semua diblok.

Beberapa konten hanya diberikan tag usianya harus 18 tahun ke atas. Dan ini dilakukan dengan bekerjasama bareng Google.


"Kalaupun beberapa di antaranya perlu sementara di-suspend, (nanti) kalau bertemu kan bisa diperbaiki. Dulu Tik Tok juga gitu," kata Rudiantara, saat ditemui usai konferensi press HUT ke-8 Blibli, Jakarta (27/7/2019).

Tik Tok kala bermasalah dengan kontennya sempat pula dipanggil Kominfo. Setelah melakukan pertemuan, pihak Tik Tok melakukan bersih-bersih konten. Bahkan mereka merekrut sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk mencegah konten negatif.

"Itu yang sebenarnya kami inginkan. Hanya kan Kimi ini kasusnya individu, sedangkan Tik Tok platform. Jadi kalau platform punya resource, orang dan teknologi untuk melakukannya. Tapi kami perlakukan sama semuanya," jelas pria yang kerap disapa Chief RA.

Terkait video tanggapan Kimi yang mengaku kontennya tidak melanggar aturan. Menkominfo mengatakan sah-sah saja Kimi mengklaim demikian. Pihaknya pun tidak mengatakan Kimi salah.


"Kami undang, kita bicarakan baik-baik, kan gitu. Kita kan bukan pemerintahan yang otoriter," ujar Rudiantara.

Simak Video "Fantastis! YouTuber Kimi Hime Raup Penghasilan Ratusan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)