Sabtu, 06 Jul 2019 17:39 WIB

Otoritas Inggris Periksa TikTok, Kenapa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
TikTok. Foto: Joe Scarnici/Getty Images TikTok. Foto: Joe Scarnici/Getty Images
Jakarta - TikTok diinvestigasi otoritas Inggris terkait masalah keamanan dan data personal bagi pengguna di bawah umur.

Seperti ditulis Guardian, komisioner informasi, Elizabeth Denham, mengatakan bahwa penyelidikan dimulai pada bulan Februari setelah Komisi Perdagangan Federal AS mengenakan denda USD 5,7 juta atau sekitar Rp 80,4 miliar terhadap TikTok karena melanggar undang-undang privasi anak-anak.

Menurut Denham, komisi kini sedang memeriksa bagaimana TikTok mengumpulkan data pribadi penggunanya. Selain itu, kekhawatiran tentang sistem perpesanan yang terbuka dan memungkinkan pengguna dewasa untuk menghubungi anak-anak juga menjadi perhatian utama.


"Kami sedang mengawasi sistem pesan yang benar-benar terbuka, kami memperhatikan jenis video yang dikumpulkan dan dibagikan oleh anak-anak secara online. Kami memang menggelar penyelidikan aktif terhadap TikTok sekarang," aku Denham.

TikTok memang digandrungi anak zaman sekarang. Berdasarkan data perusahaan analitik SensorTower, TikTok telah menjadi aplikasi nomor satu di App Store di seluruh dunia selama lima kuartal berturut-turut, dengan sekitar 500 juta pengguna di seluruh dunia.

"Aplikasi itu menawarkan sesuatu yang tidak dilakukan oleh aplikasi lain dan itulah sebabnya sangat sukses," jelas Emma Worth dari perusahaan pemasaran Ralph Creative.


"Anak-anak muda sudah cukup jengah dengan gerakan influencer narsisistik di saluran lain, melihat 'kehidupan yang sempurna', 'tubuh yang sempurna', 'hubungan yang sempurna' dan itulah sebabnya mereka beralih ke TikTok," tambah dia.

Akan tetapi semakin melejitnya Tiktok seiring sejalan dengan pengawasannya. Selain denda seperti yang disampaikan sebelumnya, pada bulan April, TikTok juga dilarang di India karena konten eksplisit yang tersebar. TikTok mengklaim telah memiliki lebih dari 120 juta pengguna aktif setiap bulannya di India.

Simak Video "10 Tips Aman dan Nyaman Saat Main TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed