Rabu, 26 Jun 2019 17:42 WIB

Besok Sidang Putusan MK, Ada Pembatasan Medsos dan WhatsApp cs?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Sidang putusan gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) akan berlangsung Kamis (27/6/2019) besok. Adakah rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pembatasan media sosial (medsos)?

Untuk mengetahui kemungkinan tersebut, detikINET menanyakan kepada Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu.




Ferdinandus menjelaskan, sampai saat ini Kominfo terus melakukan pemantauan pembicaraan netizen di medsos jelan putusan MK besok. Diketahui, pemantauan ini menggunakan mesin sensor internet atau yang dikenal dengan sebutan Ais, dari kata dasar pengais.

"Sejauh ini tidak terjadi peningkatan atau eskalasi hoax dan hasutan provokatif. Belum ada alasan untuk lakukan pembatasan fitur medsos," ungkapnya.

Pemerintah sebelumnya pernah melakukan pembatasan akses medsos dan WhatsApp cs selama beberapa hari dimulai dari 22 Mei, bertepatan dengan pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019 yang dilakukan KPU.




Saat itu akses masyarakat Indonesia ke layanan seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan WhatsApp menjadi terbatas, termasuk sulit mengirim pesan foto atau video. Menurut pemerintah, pembatasan ketika itu berlaku untuk fitur kirim-terima foto dan video karena hoax dinilai masif terbesar melalui jalur tersebut.

Wacana pembatasan medsos sempat kembali muncul ketika sidang gugatan Pilpres 2019 dimulai pada pertengahan Juni ini. Tetapi saat itu situasi dinilai aman terkendali sehingga pembatasan pun tidak dilakukan.

Adapun pada menjelang putusan MK ini, Kominfo kembali mengimbau kepada khalayak luas agar jangan menyebarkan informasi yang belum tentu benar.

"Kemkominfo imbau warganet untuk tidak sebarkan hoax dan informasi menyesatkan via internet jelang pembacaan putusan MK," pungkas pria yang disapa Nando ini.





Simak Video "Moeldoko: Ada Teroris yang Ikut 'Main-main' saat Putusan MK"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed