Jumat, 14 Jun 2019 15:23 WIB

Instagram Down Tadi Pagi, Kominfo: Bukan dari Pemerintah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Tadi pagi, Jumat (14/6/2019), Instagram sempat down. Tak sedikit netizen Indonesia yang teringat dengan situasi serupa saat pembatasan akses media sosial (medsos) dan WhatsApp oleh pemerintah pada 22 Mei lalu.

Terkait hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa Instagram down pagi ini bukan merupakan campur tangan dari pemerintah Indonesia.

"Oh, itu bukan dari pemerintah yang melakukannya," ujar Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat dihubungi detikINET, Jumat (14/6/2019).




Jika pun dilakukan pembatasan layanan medsos dan WhatsApp serta lainnya seperti yang dilakukan oleh pemerintah pada 22 Mei lalu, Semuel mengatakan pastinya pemerintah akan mengumumkannya langsung ke publik.

"Kita tidak pernah melakukan (diam-diam dibatasi). Kalau ada pemutusan, kita akan umumkan ke publik, seperti yang terjadi kemarin. Selain itu juga, Instagram juga telah menjelaskan mengapa ia down," tuturnya.

Instagram down hari ini pada dasarnya dialami pengguna di penjuru dunia, bukan cuma Indonesia. Instagram menyadari masalah tersebut dan sudah menanganinya, sekaligus minta maaf setelah kondisi berangsur normal.




(agt/krs)