Sabtu, 25 Mei 2019 10:45 WIB

Apple Dituduh Jual Data Pengguna iTunes

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: YouTube Foto: YouTube
Jakarta - Apple kembali harus berurusan dengan hukum. Raksasa teknologi asal Cupertino ini baru saja dituntut penggunanya.

Ada tiga pengguna iTunes dari Rhode Island dan Michigan melayangkan gugatan ke pengadilan federal di San Francisco pada Jumat (24/5/2019). Mereka menuntut Apple lantaran informasi yang didengar pengguna diumbar tanpa persetujuan pengguna.


Memang terdengar sepele, tapi pengungkapan data pribadi pelanggan iTunes dianggap melanggar hukum. Selain itu dirasa berbahaya bagi pengguna yang jadi sasaran kerentanan.

"Misalnya, setiap orang atau entitas dapat menyewa daftar nama dan alamat pengguna wanita berpendidikan tingi yang belum menikah, berusia 70 dengan pendapatan lebih dari USD 80 ribu yang membeli musik country dari Apple melalui toko iTunes. Data tersebut dijual USD 136 per seribu pelanggan terdaftar," ujar penuntut seperti dilansir dari Bloomberg, Sabtu (25/5/2019).


Mereka meminta USD 250 untuk setiap pengguna iTunes Rhode Island yang datanya diungkap. Sementara USD 5.000 untuk setiap pengguna di Michigan.

Kendati gugatan sudah masuk, Apple masih belum memberikan komentar soal kasus tersebut. Kita tunggu saja kelanjutan kasus ini. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed