Senin, 06 Mei 2019 16:41 WIB

Tesla Ancam Karyawan yang Jadi Pembocor Informasi Perusahaan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Justin Sullivan/Getty Images Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Para karyawan Tesla baru-baru ini menerima kiriman email resmi dari perusahaan yang berisi daftar konsekuensi yang diterima jika membocorkan informasi perusahaan.

Daftar tersebut yang dikirimkan oleh tim keamanan Tesla itu berisi bermacam gugatan dan lainnya yang bakal dilancarkan Tesla ke karyawannya yang membocorkan informasi perusahaan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (6/5/2019).

Sebagai contohnya, Tesla menceritakan seorang karyawan yang berhasil mencuri informasi bisnis rahasia dari Tesla, dan mengancam akan mengumbar informasi ini ke publik. Kemudian Tesla pun melaporkan gugatan kejahatan terhadap orang ini, termasuk dua buah gugatan lain terkait properti intelektual dan pencurian informasi rahasia.




Langkah semacam ini pernah dilakukan Google pada 2016 lalu, di mana saat itu Google mengaku tengah memburu ratusan pembocor informasi internal perusahaan. Pada April 2018 lalu, Apple pun mengirim email yang menceritakan langkah apa yang mereka ambil terhadap 12 karyawannya yang membocorkan informasi perusahaan.

Kerahasiaan memang salah satu dari budaya di Silicon Valley. Malah terkadang perusahaan sengaja meninggalkan sebuah flash disk berisi informasi rahasia di tempat umum dan melihat tindakan apa yang diambil oleh si karyawan ketika menemukan flash disk tersebut.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed