Minggu, 20 Jan 2019 20:15 WIB

Perselisihan Apple dan Qualcomm Ternyata Gara-gara Software

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Gettyimages - Justin Sullivan Foto: Gettyimages - Justin Sullivan
Jakarta - Ada fakta baru yang terungkap di sidang gugatan Federal Trade Commission terhadap Qualcomm. Yaitu akar masalah perselisihan Apple dan Qualcomm.

Dilansir Bloomberg, Minggu (20/1/2019), perselisihan Apple dan Qualcomm berawal dari penolakan pemberian akses ke software oleh Qualcomm. Software tersebut dinilai Qualcomm bisa memberikan akses Apple untuk memodifikasi chip modem, seperti yang dijual Qualcomm ke Apple.




Padahal menurut COO Apple Jeff Williams Apple akan melindungi Qualcomm dengan melarang para engineernya untuk mengakses software tersebut. Bahkan dalam sebuah email, Williams menyebut ia sulit mencari skenario yang menguntungkan jika Apple membocorkan kode software tersebut.

Gara-gara urusan software tersebut, masih menurut kesaksian Williams dalam persidangan, pesanan chip modem Apple ke Qualcomm senilai USD 2 miliar pun terganjal.




CEO Qualcomm Steve Mollenkopf pernah memberi penawaran ke Apple soal akses ke software tersebut. Yaitu Apple harus menggunakan modem Qualcomm di 50% iPhone keluaran 2018-2019.

Tawaran ini ditolak oleh Apple, dan mereka hanya menggunakan chip modem bikinan Intel untuk iPhone keluaran 2018, dan bisa saja tetap menggunakan chip tersebut di iPhone keluaran 2019.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed