Selasa, 15 Jan 2019 14:15 WIB

Apple Mau Pakai Modem Qualcomm di iPhone XS, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Ilustrasi. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Apple menyebut pihaknya sebenarnya mau menggunakan modem Qualcomm di trio iPhone terbarunya, iPhone XS, XS Max, dan XR, namun niat itu terpaksa diurungkan. Kenapa?

Apple terpaksa mundur karena Qualcomm menolak menjual modem tersebut ke mereka. Penolakan itu dilakukan karena Apple menggugat Qualcomm soal praktik penjualan lisensi teknologi, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (15/1/2019).

"Pada akhirnya mereka tak mau mendukung kami atau menjual chipnya ke kami," ujar COO Apple Jeff Williams ketika menjadi saksi di persidangan Apple vs Federal Trade Commission di pengadilan federal di San Jose, Amerika Serikat.


Apple pun kemudian memilih chip LTE bikinan Intel untuk trio iPhone terbaru itu. Hal ini bertentangan dengan pernyataan CFO Qualcomm George Davis ketika mengumumkan penggunaan chip Intel di jajaran iPhone terbaru.

"Apple memilih untuk menggunakan modem buatan kompetitor kami secara eksklusif ketimbang menggunakan modem kami di iPhone selanjutnya," ujar Davis kala itu.

Dalam pernyataan lanjutannya di persidangan, Williams menyebut Apple sejatinya berencana untuk memakai modem Intel dan Qualcomm. Namun rencana itu berubah karena Qualcomm menolak menjual chipnya itu ke Apple.

Padahal Apple pun bisa dibilang sudah mengalah, dengan menyetujui harga per chip modem yang dijual Qualcomm senilai USD 7,5. Harga itu lima kali lipat lebih tinggi dibanding harga yang awalnya diinginkan oleh Apple, yaitu USD 1,5 per perangkat.


"Kami membutuhkan pasokan chip mereka. Jika kami mencoba mengejarnya secara legal, kami tak akan mempunyai akses ke chip tersebut. Kami tak mempunyai banyak opsi," ungkap Williams.

Bagi Apple, ketergantungan terhadap modem Intel ini memang menyimpan masalah tersendiri. Yaitu membuat mereka telat membenamkan teknologi 5G ke iPhone, pasalnya modem 5G Intel diperkirakan baru tersedia pada 2020 mendatang.

Selain itu, modem LTE bikinan Intel pun dikenal lebih lambat ketimbang modem bikinan Qualcomm. Hal ini diketahui ketika Apple menggunakan modem dari Intel dan Qualcomm pada model iPhone yang sama, yang membuat Apple harus membatasi kecepatan di iPhone dengan modem Qualcomm agar tak terlihat kalau iPhone dengan modem Intelnya lebih lambat. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed