Minggu, 09 Des 2018 17:10 WIB

Terungkap! Kasus yang Bikin Bos Huawei Ditangkap di Kanada

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
FOKUS BERITA Bos Huawei Ditangkap
Jakarta - Ditangkapnya CFO Huawei Meng Wanzhou di Kanada sempat bikin terkejut. Padahal kasus yang menjeratnya sudah terjadi sejak 2008 lalu.

Meng Wanzhou atau dikenal juga dengan nama Cathy Meng, antara Februari 2008 sampai April 2009 tercatat sebagai anggota dewan direksi Skycom, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Hong Kong.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (9/12/2018), pada akhir 2019, kantor cabang Skycom di Tehran, Iran, menawarkan perangkat komputer buatan Hewlett-Packard (HP) senilai 1,3 juta euro ke Mobile Telecommunication Co of Iran, meski AS sudah mengumumkan sanksi dagang ke negara tersebut.

Data ini terungkap dari sekitar 13 halaman proposal yang ditandai 'Huawei confidential' lengkap dengan logo Huawei. Huawei sendiri saat itu menyebut tak jadi menjual perangkat tersebut ke Iran, karena HP melarang penjualan produk buatannya ke negara tersebut.


Huawei menyebut Skycom sebagai partner lokal utama mereka. Namun dari investigasi Reuters, terungkap kalau Skycom bukan sekadar partner Huawei, karena banyak dokumen yang mengkaitkan kedua perusahaan tersebut.

Contohnya adalah pada 2007, sebuah perusahaan manajemen yang dikontrol oleh Huawei menjadi pemegang saham Skycom. Dan pada saat itu, Meng adalah sekretaris di perusahaan manajemen tersebut.

Namun Huawei saat itu menepis tuduhan tersebut. Huawei menyebut hubungan antara Skycom hanyalah kerja sama bisnis biasa.

"Huawei telah membetuk sistem kepatuhan perdagangan yang sejalan dengan praktik industri dan bisnis kami di Iran sudah mematuhi semua hukum dan regulasi termasuk yang dibuat oleh PBB. Kami juga meminta partner kami, seperti Skycom, untuk melakukan komitmen yang sama," ujar Huawei dalam pernyataannya saat itu. (asj/fyk)
FOKUS BERITA Bos Huawei Ditangkap

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed