Sabtu, 27 Okt 2018 14:09 WIB

Facebook Hapus 82 Akun Provokasi asal Iran

Josina - detikInet
ilustrasi Facebook. (Foto: thinkstock) ilustrasi Facebook. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Facebook telah menghapus puluhan halaman yang berasal dari Iran. Hal ini karena halaman tersebut dinilai provokasi karena memposting tentang topik-topik politik, ras, imigran dan presiden Amerika Serikat.

Dilansir detiKINET dari Engadget, Sabtu (27/10/2018) Halaman yang sudah dihapus Facebook ini berjumlah 82. Pada minggu lalu Tim facebook menemukan aktivitas terlarang yang dilakukan akun halaman ini, sejak itulah tim Facebook langsung menyelidiki dan menghapusnya.

Secara keseluruhan dari 83 ini, Facebook menghapus 30 halaman, 33 akun, 3 grup, dan 16 akun Instagram.


Dari beberapa halaman tersebut diketahui ada sekitar 1,2 juta akun yang menjadi pengikut dari satu halaman yang dihapus. Dan sekitar 25 ribu akun bergabung dengan setidaknya satu dari grup tersebut.

Langkah Facebook ini bukanlah yang pertama, pada bulan Agustus Facebook pernah menghapus ratusan halaman terkait Iran dan Rusia.

Dikatakan juga bahwa beberapa halaman yang baru saja dihapus ini masih berkaitan dengan temuan pada bulan Agustus lalu.


Facebook menegaskan halaman dan akun palsu ini berasal dari Iran. Namun, belum ada bukti keterlibatan pemerintah Iran secara langsung.

"Kami memiliki tim yang dapat membantu dengan cepat mengidentifikasi, menyelidiki dan mengevaluasi masalah, dan kemudian mengambil tindakan untuk menghentikannya, "kata Facebook.

"Mereka akan melanjutkan penyelidikan , termasuk informasi tambahan apa pun yang kami dapatkan dari penegak hukum, perusahaan teknologi lainnya, atau ahli lainnya." pungkasnya.

Simak juga video 'Cara Pintar Berbagi Konten di Media Sosial':

[Gambas:Video 20detik]

(jsn/jsn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed