Senin, 10 Sep 2018 21:16 WIB

China Bikin Lagi Pengadilan Khusus Internet

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Beijing Internet Court. Foto: Istimewa/China Daily Beijing Internet Court. Foto: Istimewa/China Daily
Jakarta - Pemerintah China tampaknya terus kebanjiran kasus hukum terkait internet yang membuat mereka merasa perlu menambah jumlah pengadilan khusus kasus hukum terkait internet.

Pada 2017 lalu, Pemerintah China sudah membuka pengadilan khusus internet pertamanya, dan kini mereka membuka pengadilan yang kedua. Pengadilan tersebut berlokasi di Beijing dan bernama Beijing Internet Court.

Pengadilan ini akan dipakai untuk menangani kasus terkait transaksi bisnis, properti intelektual, dan informasi personal. Kasus-kasus ini biasanya terjadi dalam transaksi belanja online, kontrak layanan, peminjaman, dan hak cipta.


Belakangan ini di China memang terjadi peningkatan kasus hukum terkait internet yang cukup besar. Dalam delapan bulan pertama di 2018 ini ada 37 ribu kasus terkait dunia maya, meningkat 24,4% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Beijing Internet Court ini akan dibuka selama 24 jam alias sepanjang hari, dan digawangi oleh 38 hakim berpengalaman tinggi, dengan rata-rata pengalaman selama 10 tahun. Berbagai informasi soal kasus yang ditangani pengadilan ini bisa diakses secara online melalui sebuah platform litigasi digital.

Dikutip detikINET dari CNET, Senin (10/9/2018), pada 2017 lalu, China membuka pengadilan internet pertamanya di Hangzhou, dan kabarnya mereka akan membuka pengadilan sejenis lagi di Guangzhou pada bulan ini. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed