Sabtu, 23 Jun 2018 18:13 WIB

Kena Sanksi AS, ZTE Tak Mampu Perbaiki Toilet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Sanksi tidak boleh menggunakan teknologi Amerika Serikat memang sangat membuat ZTE kelimpungan. Perusahaan infrastruktur telekomunikasi dan smartphone asal China ini bahkan tak bisa memperbaiki toilet.

Dikutip detikINET dari South China Morning Post, ada tempat buang air kecil di kantor pusat ZTE di Shenzen mengalami kerusakan. Rupanya mereknya adalah American Standard buatan AS sehingga ZTE belum dapat memperbaikinya.

Pasalnya ZTE tidak bisa membeli suku cadangnya. Pihak manajemen pun menjelaskan situasi tersebut dalam lembar pengumuman sembari berjanji perbaikan bakal segera dilakukan setelah sanksi AS dicabut.

"Kami tidak diizinkan untuk membeli komponen ataupun aksesoris AS," tutur seorang sumber pegawai yang menolak disebut identitasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ZTE dilarang menggunakan teknologi AS selama 7 tahun karena melanggar aturan dengan menjalin bisnis di Korea Utara dan Iran.

Hukuman berat tersebut pun membuat ZTE terancam kolaps. Pasalnya mereka banyak mengandalkan teknologi AS dalam produk-produknya.

Lobi dari pemerintah China berhasil membuat pemerintahan Donald Trump melunak. Sanksi ZTE bisa dibatalkan asalkan mereka membayar denda miliaran dolar serta merombak total manajemennya. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed